Kamis, 24 Agustus 2023 14:48 WIB

Kalahkan Erick dan Gibran, Ridwan Kamil Potensi untuk Maju Jadi Cawapres

Editor : Yusuf Ibrahim
Ridwan Kamil. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mendapat perolehan tertinggi sebagai tokoh yang berpotensi untuk maju menjadi calon wakil presiden (cawapres).

Hal ini terpotret dalam survei yang dilakukan Political Weather Station (PWS). Peneliti PWS, Sharazani menyampaikan, nama Ridwan Kamil menempati peringkat pertama ketika lembaganya melakukan simulasi dengan metode pertanyaan kepada responden secara terbuka atau top of mind.

Dia menyebut dalam metode ini, elektabilitas cawapres mengerucut kepada enam nama. "Ridwan Kamil (di peringkat pertama) 15,2 persen," kata Sharazani dalam paparan hasil surveinya secara daring, Kamis (24/8/2023).

Berikutnya, Erick Thohir menempati peringkat kedua dengan elektabilitas sebesar 14,5 persen. Disusul, Gibran Rakabuming Raka sebesar 13,4 persen. Selanjutnya, Sandiaga Salahuddin Uno dengan perolehan elektabilitas sebesar 11,8 persen. Kemudian, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebesar 10,6 persen dan Mahfud MD sebesar 8,4 persen.

"Nama-nama lain yang disebut-sebut juga potensial menjadi cawapres seperti Khofifah, Andika Perkasa, Susi Pudjiastuti, Airlangga, dan Muhaimin Iskandar serta beberapa tokoh lainnya, namun mereka kurang menjadi top of mind publik," ujarnya.

Survei ini dilakukan dengan wawancara melalui telepon pada 13-20 Agustus 2023, melibatkan 1.200 responden di 34 Provinsi di Indonesia. Sementara, margin of error yang diterapkan dalam survei ini sebesar ±2,83 persen, pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.(mir)


0 Komentar