Jumat, 08 September 2023 16:32 WIB

Jadi Presiden 2024, DWGP Yakin Ganjar Pranowo Mampu Majukan Seni dan Budaya

Editor : Yusuf Ibrahim
Pagelaran wayang sekaligus deklarasi di Tugu Proklamasi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Dalang Wartoyo Wonge Ganjar Pranowo (DWGP) memberikan dukungan penuh untuk Ganjar Pranowo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dengan pagelaran wayang sekaligus deklarasi di Tugu Proklamasi, Jl. Proklamasi, Jakarta Pusat, Kamis (7/9/23) malam.

Dikatakan Ketua DWGP Akhmad Sholeh, dukungan diberikan dengan alasan yang sangat jelas. Misalnya saja, pihaknya meyakini bahwa Ganjar Pranowo mampu memberikan perhatian serius dan penuh untuk kemajuan kesenian serta kebudayaan Indonesia, baik itu secara aturan dan memfasilitasinya. 

Menurut Ibe- begitu sapaannya- seni pertunjukan atau wayang yang kini ditampilkan dengan Dalang Ki Gondo Wartoyo, tidak hanya mengembangkan kreativitas generasi muda, tapi juga menambah minat wisatawan berkunjung ke Indonesia. 

"Jika seni pertunjukan daerah kita terus ditampilkan, dilestarikan tentu akan menarik, dikenal dan lebih dicintai. Terlebih, kita tidak melupakan dan menjaga apa yang menjadi kekayaan bangsa kita. Kami sangat meyakini, mas Ganjar mampu mewujudkannya," katanya.

Selain itu, dia juga meyakini Ganjar mampu memberi ruang dan memanfaatkan sumber daya yang ada sebagai tempat untuk berkreativitas bagi para pelaku seni. Dan hal tersebut tidak hanya terbatas pada generasi muda namun semua kalangan.

Apalagi, dengan memberikan ruang bagi pelaku seni dan budaya, dapat memajukan khasanah nusantara sebagai warisan bagi generasi mendatang.

"Kami berdiskusi hingga ke akar rumput, di seluruh provinsi, sudah memperhatikan kerja Mas Ganjar sejak dari Jawa Tengah. Semuanya sudah terbukti. Memiliki jiwa kepemimpinan dan bertanggungjawab. Pemerintah Indonesia di bawah pimpinan Mas Ganjar akan bisa memberikan bantuan yang sifatnya pembinaan, merangkul, pendampingan, menjembatani para pelaku seni dan kebudayaan. Apalagi potensi seni sangat banyak dan kami yakin bisa diakomodir dengan baik," tegasnya. 

Sementara itu, Bakal Calon Presiden 2024 Ganjar menyempatkan menyapa para relawan melalui dialog jarak jauh melalui sambungan telepon video (video call). Ganjar mengucapkan terima kasih karena telah mendeklarasikan dukungan dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Keren sekali, penuh semangat. Semuanya ini sangat penting buat saya. Banyak pendekatan yang bisa kita lakukan, dari kesenian tradisional, wayang, kita terus komunikasi, memberikan nilai-nilai kemanusiaan," katanya disambut teruliakan "siap" dan "Presiden" dari para relawan.

"Jaga terus spirit ini tanpa penurunan sampai nanti waktu pemilihan. Mari juga kita tingkatkan  dalam upaya memenangkan pertarungan dengan baik. Jaga juga kesantunan dan jangan ada hoaks," tambahnya.

Kemudian, ditambahkan Sri Mastuti selaku Sekretaris Megawati Soekarnoputri Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, mengapresiasi dukungan dari DWGP. Dalam sambutannya juga, Sri mengucapkan salam hormat untuk pimpinan Rumah Aspirasi, Ahmad Basarah (Ketua), kemudian Deddy Yevri Hanteru Sitorus hingga Adian Yunus Yusak Napitupulu.

Sebagai informasi, kata dalang berasal dari “Angudal Piwulang”. Angudal memiliki arti menceritakan, mengungkapkan, mengucapkan, dan menerangkan seluruh isi hati. Sedang kata piwulang berarti petunjuk atau nasihat. Dengan pandangan tersebut, dalang merupakan seorang pendidik, pemimpin, atau guru bagi masyarakat.

Istilah dari dalang juga berasal dari kata “dalung” atau “blencong”, yaitu sebuah lampu tradisional. Dengan adanya pandangan tersebut, fungsi dalang dalam masyarakat adalah sebagai penerang.

"Saya lihat banyak komunitas yang hadir, mulai dari dalang, bahkan ada komunitas pedagang bakso. Terima kasih banyak dukungannya. Kami sangat menghargai dan menghormatinya. Dalang adalah alat perjuangan pada zaman dahulu, dan kedepannya kami yakini tidak pernah putus," katanya.

"Dalang dan wayang akan tetap ada dan mempersatukan masyarakat dari segala lapisan. Jangan ragukan dukungan dari Mas Ganjar Pranowo untuk seni dan budaya. Mari menangkan Ganjar sebagai Presiden 2024. Merdeka!," tutupnya.(mir)


0 Komentar