Senin, 25 September 2023 14:22 WIB

Unpar Bandung Buka Penerimaan Mahasiswa Baru dan Siapkan Beasiswa

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Bandung telah membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) untuk Tahun Akademik 2024/2025 melalui jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK).

Bagi peserta yang lulus seleksi nantinya akan mendapatkan beasiswa sampai dengan 50 persen berupa potongan biaya awal. Pendaftaran untuk program PMDK dibuka hingga 30 November 2023 pukul 23.59 WIB. Adapun komponen biaya kuliah di Unpar terdiri dari biaya awal, biaya SKS (Satuan Kredit Semester), dan sumbangan solidaritas.

Bagi para siswa/i yang tercatat sebagai siswa/i SMA kelas XII per tahun ajaran 2023/2024 dan memiliki keinginan untuk melanjutkan studi ke Unpar, dapat mendaftarkan diri melalui laman https://pmb.unpar.ac.id/ .

Menjadi universitas yang berpengalaman dan terakreditasi Unggul, Unpar menyediakan 18 program studi (prodi) jenjang S1 dan D3. Berbeda dengan jalur seleksi lain, siswa/i hanya dapat memilih 1 prodi dalam jalur PMDK ini. Siswa/i yang ingin mendaftarkan diri melalui jalur PMDK, harus memiliki nilai yang tidak kurang dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Bagi siswa/i yang ingin mendaftarkan ke beberapa prodi di bawah ini, harap memperhatikan beberapa syarat khusus berikut: a. Program Studi ARSITEKTUR : Mengirimkan hasil Gambar sesuai dengan petunjuk soal dan ketentuan. b. Program Studi TEKNIK KIMIA dan TEKNIK ELEKTRO : Melampirkan Surat Keterangan Tidak Buta Warna. c. Program Studi HUBUNGAN INTERNASIONAL : Untuk setiap uraian/motivasi/testimoni ditulis dalam Bahasa Inggris. d. Program Studi STUDI HUMANITAS (Integrated Arts) : Melampirkan portofolio karya yang pernah dibuat dan tulisan Esai sesuai dengan petunjuk soal dan ketentuan.

Selain beberapa syarat khusus, berikut adalah beberapa dokumen yang harus disertakan untuk pendaftaran jalur PMDK: a. Fotokopi rapor SMA kelas X dan XI (semester 1 dan 2) b. Surat Keterangan Siswa Aktif (rekomendasi sekolah). c. Bagi siswa sekolah internasional jika dinyatakan lolos, pada saat Daftar Ulang harus sudah memiliki penyetaraan Ijazah (setara SMA) d. Siswa dengan ijazah Paket C jika dinyatakan lolos, pada saat Daftar Ulang wajib menyerahkan legalisir ijazah beserta fotokopi rapor kelas X - XII. e.

Membuat surat motivasi (motivation letter) dengan topik "Mengapa saya memilih Unpar dan Alasan memilih Program Studi yang dipilih" yang ditulis tangan maksimal 500 kata dalam Bahasa Indonesia. Khusus untuk siswa/i yang memilih Prodi Hubungan Internasional, wajib ditulis dalam Bahasa Inggris.

Semua rangkaian pendaftaran jalur PMDK tidak dipungut biaya. Untuk informasi selengkapnya, dapat dilihat melalui laman https://pmb.unpar.ac.id/. Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi UNPAR melalui e-mail (admisi@unpar.ac.id), telepon (022) 2032655, dan Instagram (@unparofficial).(des)


0 Komentar