Kamis, 28 September 2023 20:50 WIB

Ponsel iPhone 15 Keluaran Baru Mulai Banyak Dikeluhkan

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Ponsel iPhone 15 keluaran terbaru mulai banyak dikeluhkan. Satu masalah yang meresahkan para penggunanya muncul.

Seperti dilansir Digital Trends, Kamis (28/9/2023) sebagian besar pemilik iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max menyampaikan kekhawatirannya di forum online. Perangkat baru mereka memanas jauh melampaui temperatur normal.

Beberapa orang berspekulasi bahwa masalah ini disebabkan oleh chip A17 Pro baru pada ponsel berupa prosesor 3nm pertama dari Apple dan TSMC. Namun, analis terkenal Ming-Chi Kuo mengklaim bahwa masalah tersebut mungkin disebabkan oleh faktor-faktor seperti penggunaan bingkai titanium oleh Apple di ponsel Pro baru.

"Survei saya menunjukkan bahwa masalah panas berlebih pada seri iPhone 15 Pro tidak ada hubungannya dengan node 3nm canggih TSMC," kata Kuo.

Ia memprediksi penyebab utamanya kemungkinan besar desain yang tidak selaras dengan sistem termal. Akibatnya, desain yang lebih ringan membuat berkurangnya area pembuangan panas dan penggunaan rangka titanium berdampak negatif pada efisiensi termal.

Kuo menyarankan Apple harus mengatasi masalah ini melalui pembaruan perangkat lunak agar kinerja chip dapat terpengaruh. “Apple diperkirakan akan mengatasi masalah ini melalui pembaruan perangkat lunak, namun perbaikannya mungkin terbatas kecuali Apple menurunkan kinerja prosesor,” kata Kuo.

Apple belum secara terbuka mengakui masalah pada iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max. Masalah ini membingungkan publik karena dapat melewati tahap pengujian intensif pada perangkat. Apple menginformasikan di situs webnya bahwa iPhone menjadi panas saat melakukan tugas tertentu, misalnya, mengaturnya untuk pertama kali, memulihkannya dari cadangan, dan streaming video berkualitas tinggi adalah hal yang wajar.

Namun komentar forum menunjukkan bahwa mungkin ada sesuatu yang lebih serius yang sedang terjadi. Tekanan semakin besar bagi Apple untuk segera mengonfirmasi situasi tersebut.

Selain panas, masalah lain yang juga diduga dimiliki iPhone 15 adalah ketahanannya yang dinilai rendah. Beberapa orang mengatakan iPhone 15 gagal dalam uji lengkung dan bisa retak meski hanya diketuk dengan tangan kosong.

Video tentang daya tahan iPhone 15 ini salah satunya dibagikan oleh JerryRigEverything. Dalam video yang sudah ditonton lebih dari 7 juta kali, tampak iPhone 15 sangat cepat retak ketika disiksa. Ini diduga karena bingkai titanium yang lebih ringan.

Sejumlah pengguna juga menemukan masalah bingkai titanium menyebabkan smartphone barunya cepat berubah warna jika tidak dilindungi dengan case. Masalah ini pun sudah diakui oleh Apple baru-baru ini.

Dikatakan warna pada bingkai titanium iPhone 15 Pro dan Pro Max rawan pudar jika terkena minyak yang keluar dari kulit pengguna. Apple sendiri menyarankan agar pengguna rajin menyeka bingkai smartphone dengan kain lembut untuk menghilangkan minyak yang menempel. Atau jika tidak ingin repot, gunakan case.(mir)


0 Komentar