Senin, 02 Oktober 2023 13:36 WIB

Banyak Dikeluhkan, Apple Temukan Sumber Masalah di iPhone 15

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Apple akhirnya menemukan sumber masalah mengapa ponsel baru buatan mereka, iPhone 15 gampang cepat panas.

Disebutkan Apple Insider, Senin (2/10/2023) ini, Apple mengaku akan segera melakukan pembenahan perangkat lunak agar ponsel berlogo apel tersebut tidak dikeluhkan banyak orang. "Kami telah mengidentifikasi beberapa kondisi yang membuat iPhone lebih cepat panas dari yang diharapkan," tulis Apple kepada Forbes baru-baru ini.

Hanya saja masalah panas tersebut bukan disebabkan oleh perangkat yang dibuat oleh Apple. Apple justru beralasan ponsel terbaru mereka itu gampang panas karena masalah perangkat lunak atau software iOS 17. Apple menjelaskan ada beberapa bug atau kesalahan di iOs 17 yang justru berdampak negatif pada iPhone 15.

Perangkat lunak baru itu justru membuat aktivitas di belakang layar iPhone 15 bekerja lebih keras. Kondisi itu membuat iPhone 15 jadi lebih cepat panas. Kondisi itu bahkan lebih parah jika pengguna iPhone 15 membuka aplikasi Instagram, Uber, dan game Asphalt 9.

“Kami juga menemukan bug di iOS 17 yang berdampak pada beberapa pengguna. Kesalahan di perangkat lunak itu membuat aplikasi pihak membebani sistem di ponsel secara berlebihan," jelas perusahaan teknologi yang berbasis di Cupertino, Amerika Serikat.

Apple meyakini perbaikan di iOS bisa akan memperbaiki keluhan tersebut. Saat ini mereka menjamin bahwa kondisi ponsel yang cepat panas tidak akan merusak dan menurunkan performa yang dimiliki iPhone 15.

Sementara Washington Post mengatakan Apple justru belum menjelaskan perbaikan apa yang akan dilakukan pada iOS 17. Selain itu belum juga diumumkan kapan pembaruan iOS 17 segera dilakukan agar masalah panas yang dialami iPhone 15 tidak berkepanjangan.

Washington Post menyarankan untuk sementara, sampai masalah panas diselesaikan, pengguna iPhone 15 dan iPhone 15 Pro bisa melakukan beberapa cara untuk mengatasinya. Beberapa langkah yang mereka sarankan adalah mengaktifkan mode Low Power dan mematikan Background Activity untuk beberapa aplikasi.

Diketahui belakangan ini masalah demi masalah terus dialami oleh iPhone 15 mulai dari mudah retak hingga ponsel yang cepat panas. Masalah panas itu justru paling mengganggu karena membuat penggunaan iPhone 15 jadi tidak maksimal.

Banyak pengguna merasakan kondisi panas yang berlebihan ketika menjalankan aplikasi di iPhone 15. Beberapa pengguna yang menjalankan aplikasi FaceTime justru mengaku ponsel kesayangan mereka langsung panas. Padahal FaceTime yang mereka gunakan hanya berjalan dua menit. "Ini masalah baru buat saya dan belum pernah ditemukan di ponsel lain," ujar Mohit Verma lewat akun X miliknya.(mir)


0 Komentar