Kamis, 12 Oktober 2023 07:36 WIB

Universitas Pendidikan Ganesha MoU Dengan Produsen Alat Radiografi Sinar-X Digital DDR

Editor : A. Amir
Penandatangan Kerjasama Universitas Pendidikan Ganesha dengan PT. Madeena sebagai produsen alat Radiografi sinar-x DDR.

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Bali melalui Rektornya Prof. Dr. I Wayan Lasmana sangat mendukung dan progresif dalam menyerap produk inovasi dalam negeri.

Dalam kutipan singkatnya kepada tim redaksi: "Biaya infrastruktur pendidikan dan penelitian kedokteran biasanya sangat mahal, begitu juga pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk klinik pratama juga perlu investasi besar", ucap I Wayan Lasmana.

Untuk itu Undiksha telah menjalin kerjasama dengan PT Madeena Karya Indonesia, sebuah perusahaan teknologi yang berpusat di Yogyakarta. Demikian disampaikan oleh Direktur Utama PT Madeena, Ni Nyoman Trisnawati, M.Sc.
Setelah nota kesepahanan kerjasama ditandatangani, satu set alat Radiografi Sinar-x Digital DDR Madeena dipasang di Klinik Pratama Undiksha. 

Alat DDR Madeena akan direview oleh tim dokter Fakultas Kedokteran Undiksha untuk dinilai kemanfaatannya. Bila alat itu dipandang bermanfaat, maka alat DDR Madeena itu akan dihibahkan untuk digunakan mendukung layanan medical screening dan medical check up di Klinik Pratama Undiksha serta untuk menunjang kegiatan tridharma FK Undiksha, dan Fakultas lainnya di lingkungan Undiksha.

Alat DDR Madeena adalah alat radiografi sinar-x digital yang telah dilengkapi dengan pesawat sinar-x, serta komponen² lain yang diperlukan sehingga nantinya dapat digunakan untuk pelayanan pasien di rumah sakit, klinik pratama maupun puskesmas pratama.

Produk DDR Madeena telah mendapat izin edar dari Kementerian Kesehatan, yang artinya layak dioperasikan dan aman digunakan. Produk itu juga diproduksi oleh perusahaan yang legal dan mampu menghasilkan produk dengan nilai tingkat komponen dalam negeri 57.62%. Produk itu dapat dibeli melalui e-katalog pengadaan barang dan jasa Pemerintah.


0 Komentar