Rabu, 25 Oktober 2023 15:24 WIB

Jokowi Minta Budi Karya Agar Bandara Mentawai Segera Didarati Pesawat ATR

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi. (foto istimewa)

JAKARTA, TIGAPILARNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bandara Mentawai, Sumatera Barat, Rabu (25/10/2023) Oktober 2023. Bandar udara ini menggantikan Bandara Rokot Sipora.

"Alhamdullilah hari ini kita meresmikan pengoperasian Bandara Mentawai, merupakan salah satu bandara terluar di Tanah Air," kata Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (25/10/2023).

Jokowi mengatakan, Bandara Mentawai beroperasi menggantikan bandara sebelumnya Rokot Sipora. Sebab, panjang runway Bandara Rokot Sipora hanya 850 meter dan hanya bisa didarati pesawat Cessna berkapasitas 12 orang.

"Sekarang dengan adanya bandara baru, panjang runway-nya 1.500 meter dengan lebar 30 meter. Pesawat ATR sudah bisa mendarat di Pulau Mentawai saat ini. Kita harapkan dengan bisa turun pesawat ATR turis akan semakin banyak ke Pulau Mentawai, utamanya yang seneng surfing," kata Jokowi.

Presiden meminta kepada Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi agar Bandara Mentawai dapat segera beroperasi dan didarati oleh pesawat ATR. "Karena sekali angkut bisa 78. Sebelumnya chessna hanya 12. Tadi saya coba dengan pesawat yang gede ini tadi juga mendarat mulus tidak ada masalah," kata Jokowi.

Tidak hanya itu, Jokowi juga berharap dengan beropreasinya Bandara Mentawai dapat mempermudah mobilitas masyarakat. Diharapkan potensi wisata di Kepulauan Mentawai juga bisa dikembangkan lebih baik lagi. "Kita harapkan wisata surfing akan semakin berkembang. Dan juga mungkin pesawat-pesawat dari luar negeri yang berkaitan dengan surfing juga bisa langsung mendarat, baik di Padang maupun Pulau Mentawai," kata Jokowi.

"Saya yakin dengan semakin terbukanya akses suatu daerah, konektivitas semakin baik, masyarakat akan mendapat multiplier effect yang besar dan kesempatan mengembangkan usaha baru. Ini kita harapkan meningkatkan kesejahterhan kita semua," katanya.(mir)


0 Komentar