Kamis, 14 Desember 2023 10:29 WIB

Atikoh Ganjar: Cegah Stunting, Ibu Harus Bahagia dan Tidak Stres

Editor : Yusuf Ibrahim
Atikoh bersama keluarga. (foto istimewa)

JAKARTA, TIGAPILARNEWS.COM- Siti Atikoh memiliki kepedulian akan kesehatan masyarakat, termasuk mencegah stunting yang bisa mempengaruhi kesehatan anak.

Keseriusan ini diwujudkan Atikoh dengan cara memberikan penyuluhan kepada masyarakat. Menggandeng tenaga kesehatan profesional, Atikoh yang merupakan istri dari calon Presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo ini menggelar pemeriksaan kesehatan gratis.

Acara ini digelar di Kelurahan Kapuk, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat. Atikoh mengatakan bahwa stunting pada anak bisa dicegah sejak golden age yakni pada 1000 hari kehidupan pertama. Oleh karena itu keluarga merupakan garda terdepan untuk mengurangi risiko stunting pada anak, terutama sang ibu. "Pencegahan stunting agar benar-benar bisa dimulai dari tingkat keluarga, dari tingkat preventifnya itu," kata Atikoh di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (13/12/2023).

Dengan begitu, perempuan atau sang ibu baru harus teredukasi dari sisi kesehatan. Berawal dari kesehatan ibu yang terjamin, pasti bayi yang dalam kandungan atau anak-anak juga jadi terjamin. "Terutama ibu muda, nanti kan mereka yang akan mengandung. Kalau ibunya tidak sehat, anaknya itu juga punya potensi untuk kekurangan gizi. Salah satunya seperti itu ya," jelasnya.

Di sisi lain, ibunda Muhammad Zinedine Alam Ganjar ini sadar betul bahwa sehat saja tidak cukup untuk mencegah stunting. Di mana para ibu juga harus merasa bahagia dan tidak stres. "Selain sehat tentu kita juga harus bahagia. Soalnya kita banyak pikiran terlalu over thinking ini malah jadi stres," ujarnya.

Untuk mengurangi berpikir secara berlebihan, perempuan 52 tahun itu menyarankan para ibu agar menyerahkan semua masalah kepada Tuhan. "Jadi kita harus berprasangka baik sama yang Maha Kuasa. Bahwa setiap masalah yang kita hadapi itu pasti ada jalan keluarnya," pungkasnya.(mir)


0 Komentar