Rabu, 10 Januari 2024 20:59 WIB

PPATK Sebut 36,67 Persen Dana Proyek Strategis Nasional Masuk Rekening ASN dan Politisi

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilutrasi. (foto istimewa)

JAKARTA, TIGAPILARNEWS.COM- Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menyebutkan 36,67 persen dana sejumlah proyek strategis nasional masuk rekening Aparatur Sipil Negara (ASN) dan politisi.

Kepala PPATK Ivan Yustiavandana mengungkapkan lebih dari 30 persen dana proyek strategis nasional tidak masuk ke kontraktor melainkan mengalir ke subkontraktor. "Berdasarkan hasil pemeriksaan PPATK, mengamati, mencermati, melakukan analisis mendalam terdapat 36,81 persen dari total dana masuk ke rekening subkontraktor yang dapat diidentifikasikan sebagai transaksi terkait kegiatan operasional pembangunan," ujar Ivan saat konferensi pers terkait Refleksi Kerja PPATK 2023, Rabu (10/1/2024).

Kemudian, 36,67 persen dana proyek tersebut mengalir ke kantong-kantong pribadi. Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, pihaknya mendeteksi para penerima ini berstatus ASN hingga politisi. "Hasil pemeriksaan mendalam terhadap transaksi yang tidak terkait dengan proyek teridentifikasi mengalir ke pihak-pihak yang memiliki profil sebagai ASN, politikus, serta pembelian aset dan investasi oleh para pelaku," ungkapnya.

Kendati demikian, dia tidak menerangkan terkait proyek mana saja yang dimaksud. Ivan juga tak mengungkap identitas ASN dan politisi yang diduga menerima uang tersebut.(des)


0 Komentar