Jumat, 02 Februari 2024 08:11 WIB

Sabalenka Dinilai Layak Disebut Petenis Terbaik di Dunia

Editor : Yusuf Ibrahim
Aryna Sabalenka. (foto istimewa)

Jakarta, Tigapilarnews.com- Mantan bintang tenis, Andy Roddick, menggambarkan Aryna Sabalenka sebagai petenis paling konsisten di dunia saat ini setelah jagoan tunggal putri itu menjuarai Australia Terbuka 2024 akhir pekan lalu.

Menurutnya, kini Sabalenka berhak menyebut dirinya sendiri sebagai petenis terbaik di dunia sekarang. Sabalenka berhasil menjadi juara Australia Terbuka 2024 setelah mengalahkan wakil China, Zheng Qinwen, dua set langsung di final dengan skor 6-3 dan 6-2.

Alhasil, dia sukses mempertahankan titelnya di Melbourne Park setelah meraih Grand Slam perdananya di sana tahun lalu. Lebih hebatnya lagi, petenis asal Belarusia itu tampil sangat dominan sepanjang penampilannya di Australia Terbuka 2024.

Dia tak pernah kehilangan satu set pun selama tujuh pertandingan yang dilakoninya. Dengan hasil tersebut, petenis berusia 25 tahun itu kini telah mencapai semifinal atau lebih baik dalam enam turnamen Grand Slam terakhirnya sejak Amerika Serikat Terbuka 2022 lalu.

Catatan itu pun membuatnya menjadi pemain WTA yang paling konsisten dalam rentetan turnamen tenis terakbar di dunia itu. Oleh karena itu, Roddick menilai Sabalenka sangat berhak untuk menilai bahwa dia adalah petenis terbaik di dunia saat ini.

Terlebih lagi, dia mampu bangkit dari keterpurukannya dua tahun lalu di mana performanya menurun karena masalah servis yang membuatnya ragu dengan kemampuannya sendiri. “Anda senang melihat kemajuan dan kerja keras dihargai. Hal yang paling mengesankan adalah 15 bulan yang lalu dia berhadapan dengan servis yips dan ada pertanyaan tentang mentalitas dan keyakinannya pada permainannya sendiri,” kata Roddick dilansir dari Tennis365, Kamis (1/2/2024).

“Atribut fisiknya sudah ada sejak awal, jadi terima kasih padanya karena telah mengatasi masalah tersebut, karena ini komprehensif. Saya harap ini sama memuaskannya seperti yang dirasakan orang lain,” tambahnya.

“Dia sekarang mencapai semifinal atau lebih baik di enam turnamen besar terakhir, dan saya tidak tahu apakah ada di antara kita yang bodoh yang melihatnya dua tahun lalu dan mengatakan bahwa dia akan menjadi pemain paling konsisten di dunia. Dia berhak berpikir bahwa dia adalah pemain terbaik di dunia saat ini,” pungkasnya.

Kesuksesan Sabalenka di Australia Open 2024 sendiri berbanding terbalik dengan apa yang diraih oleh petenis nomor satu dunia sekaligus rivalnya, Iga Swiatek. Pemain berpaspor Polandia itu gugur di babak ketiga setelah tumbang dari utusan Ceko, Linda Noskova, dengan skor 6-3, 3-6 dan 4-6.(des)


0 Komentar