Minggu, 04 Februari 2024 22:51 WIB

Ganjar: Kesehatan dan Pendidikan Jadi Awal Kebangkitan Kesejahteraan Masyarakat

Editor : Yusuf Ibrahim
Ganjar-Mahfud. (foto istimewa)
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pasangan calon presiden nomor urut tiga Ganjar Pranowo menyampaikan visi untuk membawa Indonesia menjadi negara unggul. Visi ini didasarkan pada tiga bagian utama yang menjadi prioritas pembangunan, yaitu kesehatan, pendidikan, dan kebudayaan.
 
Ganjar Pranowo menekankan pentingnya kesehatan sebagai bagian pertama yang harus dibangun untuk mencapai Indonesia unggul. Ia mengatakan bahwa kesehatan adalah modal dasar untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, produktif, dan berkepribadian.
 
“Kesehatan menjadi yang pertama. Preventif adalah sesuatu yang paling bagus. Kita olahraga, makan sehat, dan itu akan membantu dalam politik kesehatan kita jauh lebih baik,” kata Ganjar
 
Selain itu, Ganjar juga menjanjikan akses kesehatan yang merata dan layanan kesehatan yang berkualitas bagi seluruh masyarakat Indonesia, terutama di daerah-daerah terisolir dan terpencil. Ganjar memiliki program satu desa satu fasilitas kesehatan (faskes) dan satu desa satu nakes (tenaga kesehatan).
 
“Kenapa Ganjar-Mahfud membuat satu desa satu faskes dan satu desa satu nakes, Karena kami ingin mereka mendapatkan yang terbaik. Dan kemudian ibu, anak, lansia, disabilitas, masyarakat adat akan mendapatkan peran yang sama di dalam layanan-layanan kesehatan,” ujar Ganjar.
 
Bagian kedua yang menjadi fokus Ganjar-Mahfud adalah pendidikan. Pasangan ini berkomitmen untuk memperbaiki akses, kurikulum, dan fasilitas pendidikan di Indonesia agar lebih inklusif, relevan, dan bermutu. Mereka juga ingin meningkatkan nasib guru dan dosen sebagai pilar utama pendidikan.
 
“Pendidikan dan kebudayaan harus kita bangun bersama-sama. Akses pendidikan yang baik, lebih inklusi, kemudian kurikulum yang mantap, dan tentu saja fasilitas yang diberikan harus bisa memberikan akses terbaik untuk anak-anak kita, termasuk nasib guru dan dosen,” tutur Ganjar.
 
Bagian ketiga yang menjadi landasan Ganjar-Mahfud adalah kebudayaan. Mereka meyakini bahwa Indonesia memiliki kepribadian yang khas dalam kebudayaan yang harus dimasukkan dalam jiwa insan Indonesia. Kebudayaan juga menjadi identitas dan kearifan yang dapat memperkaya bangsa dan negara.
 
“Kita punya kepribadian dalam kebudayaan dan itu mesti masuk di dalam jiwa insan Indonesia. Kebudayaan adalah identitas kita, kearifan kita, dan kekayaan kita. Kita harus menjaga dan mengembangkan kebudayaan kita agar tidak hilang ditelan zaman,” ungkap Ganjar.(des)
 

0 Komentar