Rabu, 07 Februari 2024 00:58 WIB

Optimalkan SDM-SDA, Ganjar Komitmen Jadikan Kaltim Berjaya untuk Indonesia

Editor : Yusuf Ibrahim
Ganjar Pranowo. (foto istimewa)
Balikpapan, Kaltim - Capres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo menyatakan komitmennya untuk menjadikan Kalimantan Timur (Kaltim) berjaya dalam berbagai bidang, termasuk sumber daya manusia (SDM) dan pengelolaan sumber daya alam (SDA) yang optimal.
 
Dengan peningkatan SDM yang baik dan pengelolaan SDA yang melimpah, Ganjar menyatakan Kaltim akan mencapai puncak kejayaan yaitu masyarakat yang meraih keadilan, kesejahteraan dan kemakmuran. Terlebih, Kaltim menjadi lokasi pembangunan Ibu Kota Nusantara  (IKN). 
 
"Bayangkan Kalimantan Timur itu sumber daya alamnya melimpah, SDM-nya, potensinya tinggi sekali, maka inilah kejayaan di Kalimantan Timur yang kita siapkan, dan menyumbang Indonesia," tegas Ganjar dalam 'Hajatan Rakyat Kalimantan Timur' di BSCC Dome Balikpapan, Jalan Pangreh Praja, Sepinggan, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (6/2/2024). 
 
Ganjar menuturkan untuk meningkatkan SDM yang unggul, pihaknya telah menyiapkan program pendidikan, diantaranya wajib belajar 12 tahun secara gratis, satu sarjana bagi keluarga kurang mampu, internet gratis super cepat, merata dan murah, hingga pelatihan-pelatihan dan fasilitas penunjangnnya. 
 
"Kalimantan Timur akan berubah luar biasa, karena disini akan muncul ibu kota negara, yang namanya nusantara. Maka birokrasi harus melayani, birokrasi yang melayani harus mudah, murah dan cepat, tidak ada KKN, mayarakat bahagia," tutur Ganjar. 
 
Ganjar juga akan mendorong terciptanya lapangan pekerjaan sedikitnya untuk 17 juta orang. Ganjar juga akan membuat harga bahan pokok yang murah bagi masyarakat, serta mendorong terciptanya ekosistem investasi yang baik. "Kerja mudah, harga murah, itu bisa kita ciptakan kalau SDM-nya unggul dan investasi bagus dan tidak ada KKN," ucap Ganjar. 
 
Bagi yang tidak bisa bekerja, Ganjar akan mendorong masyarakat untuk menjadi pengusaha dengan memberikan modal, pendampingan hingga menjadi pengusaha yang sukses. "Yang tidak bisa bekerja, yang tidak bisa jadi pegawai bagaimana. kita akan ajari pengusaha, entrepreneur," pungkasnya.
 
Ganjar juga mengucapkan terima kasih dan meminta maaf dalam semua tahapan proses Pemilu. Politisi berambut putih itu mengajak pendukungnya untuk menggalang dukungan dan memilihnya ketika di TPS pada 14 Februari 2024 mendatang. 
 
Kampanye ini juga dimeriahkan Band Tipe-X, Lely Monsterga Dance, Renita Tutu, Via Arifin, dan Band asal Kota Balikpapan Edelweiss. 
 
Kegiatan yang dipandu influencer Singeri, juga melibatkan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di daerah itu.Dalam mampanye akbar 'Hajatan Rakyat Kalimantan Timur' ini, kedatangan Ganjar disambut baik dan antusias masyarakat. Ganjar disambut tarian adat dan dikalungkan slempang manik-manik Dayak ketika tiba di bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan. (des)

0 Komentar