Senin, 04 Maret 2024 14:29 WIB

Polri Janji Tindak Tegas Penimbunan Bahan Pokok

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi pedagang sembako. (foto istimewa)

Jakarta, Tigapilarnews.com- Kapolres Merangin AKBP, Ruri Roberto, melaksanakan sidak (inspeksi mendadak) di pasar dan gudang yang ada di sekitar kota Bangko Senin (4/3/2024).

Hal itu untuk memastikan ketersediaan serta harga bahan pangan khususnya beras, agar tidak terjadi kelangkaan akibat ulah spekulan.

“Beberapa bulan ini harga beras mengalami kenaikan dan memasuki awal bulan Maret ini terjadi penurunan, jadi kita dari Polres Merangin turun langsung ke lapangan guna memastikan tidak ada praktik penimbunan oleh para spekulan agar warga dapat membeli beras maupun sembako lainnya dengan harga yang wajar, mengingat sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan” ujarnya, Senin (3/3/2024).

Selain itu, Kapolres Merangin itu juga mengatakan akan menindak tegas apabila nantinya ditemukan praktik penimbunan bahan pokok yang bisa menimbulkan kerugian di tengah masyarakat.

“Kepada para distributor kalau permintaan pasar cukup tinggi jangan di stop distribusinya dan jangan sampai ada permainan harga sehingga masyarakat dirugikan,” tegasnya.

Selama kegiatan berlangsung, terlihat AKBP Ruri Roberto yang didampingi Kabulog Cabang Sarko, Darul, berjalan mengunjungi kios bahan pokok yang ada di pasar baru dan pasar bawah Bangko dan berinteraksi langsung dengan para pedagang dan juga para pembeli yang ada di lokasi pasar tersebut.

Daat dikonfirmasi, Darul menjelaskan bahwa saat ini ketersediaan bahan pokok seperti beras, gula, tepung terigu dan minyak goreng yang ada di gudang Bulog masih cukup tersedia hingga sampai 3 bulan ke depan.

“Saat ini bahan pokok  seperti beras, gula dan minyak  yang ada di gudang Bulog masih cukup tersedia hingga sampai 3 bulan ke depan dan apa bila terdapat kekurangan Bulog akan menambah permintaan stok”. Sebut Darul.

Darul menambahkan, bahwa dari kegiatan Operasi Pasar yang sudah beberapa kali dilaksanakan, saat ini terpantau untuk harga beras yang ada diwilayah Merangin sudah mengalami penurunan.

“Untuk harga beras sendiri sudah mulai mengalami penurunan berkisar Rp.500.-/kg sampai dengan Rp.1.000.-/kg, ini terjadi karena adanya pasokan dari Lampung setelah adanya panen raya dan saat ini Bulog akan tetap menjaga ketersediaan bahan pokok tetap tersedia” pungkasnya.(fik)


0 Komentar