Rabu, 06 Maret 2024 16:06 WIB

Elang Jawa Cabik Pesut Etam di EPA U-18 Liga 1, Anang Buka Kunci Sukses Bawa Gelar Juara ke Bumi Sembada

Editor : Yusuf Ibrahim
PSS Sleman juara. (foto Tigapilarnews.com)

Jakarta, Tigapilarnews.com- Kerja keras PSS Sleman di kompetisi Elite Pro Academy (EPA) U-18 Liga 1 2023/2024 berbuah manis. PSS Sleman juara usai menang dengan skor 2-1 atas Borneo FC Samarinda di partai final yang digelar di Lapangan Garudayaksa Football Academy, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (6/3/2024).

Gol PSS dicetak oleh Fajar Akhmad Khusen menit ke-36 dan 58, sedangkan gol penghibur Borneo dicetak Narendra Tegar Islami menit ke-65. Pelatih PSS U-18, Anang Hadisaputra, mengaku bersyukur dengan perjuangan anak asuhnya yang tampil solid di sepanjang laga.

Kemenangan itu, tak hanya membawa gelar juara ke Bumi Sembada, namun sekaligus menuntaskan misi balas dendam pada 4 pertemuan sebelumnya. "Alhamdulillah kita bisa menjadi juara, tentu senang bisa mempersembahkan trofi ke warga Sleman," ujarnya.

Image gallery

 

 Anang Hadisaputra (kiri/foto Tigapilarnews.com)

Anang menyebut, kekompakan dan komunikasi menjadi kunci anak asuhnya bisa tampil bagus di partai final tersebut. Kedatangan para suporter PSS juga menjadi energi tambahan di laga final itu. "Para pemain bermain bagus, mereka menjaga kekompakan dan komunikasi sehingga prestasi kita bisa lebih baik dari gelaran sebelumnya," ucapnya.

Menurutnya, pada laga itu dirinya memang menginstruksikan agar anak asuhnya bisa mencuri gol terlebih dahulu. "Setelah unggul 2-0 kita memang banyak bertahan karena Borneo punya striker yang bagus, terbukti mereka bisa cetak satu gol balasan," akunya.

Disamping itu, dia juga memuji striker andalannya yakni Fajar Akhmad Khusen yang mencetak 12 gol selama kompetisi tersebut berlangsung. "Fajar mencetak 12 gol selama turnamen ini, dia talenta yang luar bisa, asli Purworejo tapi binaan PSS sejak lama. Selain Fajar, pemain lain juga main bagus selama turnamen ini," tukasnya.

Pada laga tersebut, PSS tampil mendominasi dan bermain lebih efektif dari tim lawan dalam 2x40 menit. PSS Sleman membuka keunggulan pada menit ke-36 melalui sepakan keras Fajar Akhmad Khusen di dalam kotak penalti Borneo.

Sepakan pemain bernomor punggung 15 itu tak mampu dibendung oleh kiper Borneo FC. Skor 1-0 bagi keunggulan Elang Jawa Muda atas Pesut Etam.

Gol tersebut bertahan hingga wasit membunyikan peluit tanda berakhirnya babak pertama. Usai turun minum, Borneo bermain lebih ngotot demi mengejar ketertinggalan satu gol, namun PSS tak mau kalah dan terus bermain disiplin.

Pada menit ke-58 striker andalan PSS Fajar Akhmad Khusen kembali berhasil mencetak gol. Kali ini, Fajar melepas tembakan dari dalam kotak penalti setelah memanfaatkan umpan Ferrel Arda Santoso. Gol kedua Fajar di partai final itu membuat PSS unggul 2-0 atas Borneo untuk sementara.

Borneo FC yang tertinggal dua gol melakukan pergantian sejumlah pemain. Hasilnya, pada menit ke-65 pemain Borneo Narendra Tegar Islami berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 2-1.Tegar mencetak gol melalui tendangan penalti.

Tendangannya ke pojok kanan atas gawang PSS tak mampu dijangkau kiper, Fidelis Davin Daniswara. Gol dari pemain Borneo itu ternyata menjadi gol terakhir di partai final tersebut.

Hingga akhir laga, tak ada lagi gol tercipta. PSS Sleman berhasil keluar sebagai juara Elite Pro Academy (EPA) U-18 Liga 1 2023/2024 setelah mengandaskan Borneo Samarinda dengan skor 2-1.(fik)


0 Komentar