Kamis, 14 Maret 2024 15:56 WIB

Mudik Gratis BUMN Sediakan Akomodasi dari Bus Hingga Kapal Laut dengan Tujuan Lebih dari 200 Kota

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi pemudik. (foto istimewa)

JAKARTA, TIGAPILARNEWS.COM- Mudik Gratis BUMN 2024 kini tengah jadi informasi yang diburu oleh para calon pemudik. Dalam artikel ini akan membahas terkait rute mana saja yang dilalui dalam mudik gratis buatan BUMN ini.

Program mudik gratis BUMN 2024 ini menyediakan sejumlah akomodasi seperti bus, kereta api, dan kapal laut dengan tujuan lebih dari 200 kota di seluruh Indonesia.

Menurut informasi dari akun Instagram @indonesiafinancialgroup, Senin, 4 Maret 2024, BUMN siap memberangkatkan 80.215 pemudik pada 2024. Sebanyak 55.607 pemudik menggunakan 1.225 armada bus, 18.998 kuota pemudik menggunakan 60 kereta api, dan 5.610 pemudik menggunakan 15 kapal laut.

Rute Mudik Gratis BUMN 2024

Untuk saat ini telah ada beberapa BUMN yang telah menyediakan program mudik gratis 2024 ini. Di antaranya adalah, IFG, PNM, dan Bio Farma. Namun untuk IFG belum ada informasi lebih rinci terkait kapan pendaftaran dibuka dan rute yang dilalui.

1. Mudik Gratis Bio Farma

Pendaftaran Mudik Gratis Bio Farma 2024 akan dibuka mulai 1-15 Maret 2024, tetapi dapat ditutup sewaktu-waktu saat kuota sudah terpenuhi. Beberapa dokumen yang perlu disiapkan untuk mengikuti program mudik gratis diantaranya seperti KTP, KK, dan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari kecamatan setempat.

Adapun rute mudik yang tersedia dibagi menjadi dua, yaitu rute selatan dan rute utara. Rute selatan meliputi Bandung - Majenang - Wangon - Jatilawang - Cilacap (Pertigaan Sampang) - Sumpiuh - Gombong - Kebumen - Kutoarjo - Purworejo - Wates - Kulonprogo - Terminal Giwangan Yogyakarta. Sedangkan rute utara mencakup Bandung - Exit Tol Brebes Barat (Beres) - Exit Tol Adiwerna (Tegal) - Exit Tol Bojong (Pekalongan) - Exit Tol Kandeman (Batang) - Exit Tol Kaliwungu (Kendal) - Exit Tol Krapyak 1 (Semarang) - Exit Tol Salatiga (Salatiga) - Exit Tol Colomadu (Boyolali) - Exit Tol Ngemplak (Solo) - Terminal Giri Adipura Wonogiri.

2. Mudik Gratis PNM

PT Permodalan Nasional Madani (PNM) telah membuka registrasi mudik gratis mulai 1-15 Maret 2024 khusus untuk nasabah PNM, karyawan PNM, dan keluarga karyawan PNM. Rute utara meliputi Jakarta - Subang - Cirebon - Tegal - Pemalang - Pekalongan - Semarang. Selanjutnya, Jakarta - Kudus - Rembang - Lamongan – Surabaya. Sedangkan rute selatan meliputi Jakarta - Bandung - Tasikmalaya - Kebumen - Yogyakarta - Solo. Kemudian, Jakarta - Cilacap - Pacitan - Jombang - Blitar - Surabaya.

Syarat untuk mendaftar program ini adalah dengan hanya menyiapkan Kartu Keluarga, dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Identitas Anak (KIA). Proses pendaftaran dilakukan secara daring (online) melalui laman resminya.


0 Komentar