Senin, 08 April 2024 16:58 WIB

SPKT Mobile Disiagakan untuk Tingkatkan Pelayanan Polresta Bandara Soetta

Editor : Yusuf Ibrahim
Layanan SPKT mobile di Bandara Soetta. (foto istimewa)

Jakarta, Tigapilarnews.com- Polresta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) mencatat ratusan ribu pemudik menggunakan pesawat terbang dari H-5 Lebaran 2024 atau Jumat (5/4/2024)-Minggu (7/4/2024).

Berdasarkan data Angkasa Pura 2 peningkatan arus mudik dimulai sejak Jumat (5/4/2024) totalnya mencapai 179.353 pax atau naik 34% dari tahun lalu. Sedangkan pada hari Sabtu (6/4/2024) berjumlah 184.230 pax, kemudian Minggu (7/4/2024) berjumlah 169.661 pax (penumpang).

”Hal itu dapat bertambah dengan adanya penambahan extra flight,” kata Kapolresta Kombes Pol Roberto Pasaribu kepada wartawan di Bandara Soetta, Minggu (7/4/2024).

Alumnus Akademi Kepolisian 2000 tersebut menambahkan, berdasarkan data peningkatan dari tahun lalu, jumlah penumpang naik 8,5%. "Dari dimulainya operasi ketupat jaya pada tanggal 3 hingga hari ini tanggal 7, animo para pemudik masih tinggi," ujarnya.

Menurut Roberto, sebelum terjadinya peningkatan arus mudik pihaknya telah menyiapkan posko pelayanan dari kepolisian, Mulai dari posko pengaman, posko pelayanan informasi dan kesehatan, hingga posko terpadu.

Terbaru, pihaknya bekerja sama dengan Otban Wilayah I Bandara Soetta dan Angkasa Pura II menghadirkan layanan Pos Ramah Ibu Anak Ramadhan Presisi 2024.

Corner di ruang tunggu boarding pesawat pada Terminal 1, 2 dan 3 yang khusus diperuntukkan untuk anak dan ibu. Pos tersebut berisi tempat permainan dengan sarana melukis, menyusun mainan bongkar pasang (lego), dan juga disiapkan hiburan badut berupa polisi sahabat anak serta makanan ringan.

"Termasuk makanan untuk berbuka puasa bagi anak-anak serta ibu yang sembari menunggu jadwal masuk ke dalam pesawat," bebernya. 

Pihaknya juga menyiagakan SPKT Mobile, yakni unit mobil bergerak yang bertugas sebagai Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT). Hal tersebut disiapkan untuk meningkatkan pelayanan Polresta Bandara Soetta, yang langsung hadir di tengah-tengah masyarakat tanpa harus datang ke kantor polisi.

Layanan SPKT mobile tersebut diawaki langsung oleh petugas kepolisian dengan menggunakan fasilitas kendaraan roda empat (mobil), agar mudah untuk pindah ke lokasi-lokasi pelayanan.

SPKT mobile tersebut melayani pembuatan laporan surat kehilangan dokumen, layanan pengecekan kesehatan, pengaduan dan konsultasi tindak pidana, kemudian pemberitahuan masa berlaku dan perpanjangan SKCK.

"Layanan kepolisian ini kita fokuskan untuk membantu masyarakat yang akan mudik Ramadan, sehingga kenyamanan di Bandara Soetta akan memberikan keceriaan dan makna yang baru dalam mudik tahun ini." tandasnya.(fik)


0 Komentar