Rabu, 08 Mei 2024 14:28 WIB

Jokowi Perpanjang Izin Ekspor Konsentrat Tembaga PT Freeport Indonesia

Editor : Yusuf Ibrahim
PT Freeport Indonesia. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut bahwa akan memperpanjang izin ekspor konsentrat tembaga PT Freeport Indonesia. Diketahui, Izin ekspor sendiri bakal habis pada akhir bulan Mei ini.

"Ya terus dong, ya diperpanjang. Hanya kita ini masih berhitung mengenai dikenakan berapa," kata Jokowi kepada wartawan di Karawang, Jawa Barat, Rabu (8/5/2024).

Salah satu alasan izin ekspor diperpanjang, kata Jokowi, karena Freeport telah bergerak cepat membangun smelter yang dinilai sudah hampir 100 persen. "Telah membangun smelter dan sudah selesai hampir 100 persen. Kita ikuti kok, mingguannya kita ikuti pembangunan sampe berapa persen, berapa persen," jelasnya.

Jokowi juga menilai bahwa Freeport juga menunjukkan keseriusannya untuk ikut serta dalam hilirisasi di dalam negeri. "Saya kira dengan selesainya smelter itu menunjukkan keinginan kuat mereka untuk hilirisasi, untuk downstreaming di dalam negeri. Saya kira itu bagus sekali dan itu harus dihargai loh ya," kata Jokowi.(des)


0 Komentar