Senin, 06 Maret 2017 21:20 WIB

Buffon Kejar Rekor Zanetti dan Maldini

Editor : Yusuf Ibrahim
Gianluigi Buffon. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kiper Juventus, Gianluigi Buffon mengukir rekor pribadi.

Usai timnya menghadapi Udinese, Minggu (05/03/2017) Buffon tercatat sebagai salah satu pemain yang paling banyak tampil di pentas Serie A.

Pemain 39 tahun itu sudah terlibat dalam 612 pertandingan. Apa yang ditorehkannya menyamai pencapaian legenda AS Roma, Francesco Totti.

Buffon memulai debutnya di Serie A pada 19 November 1995 lalu. Saat berusia 17 tahun ia dipercaya menjaga gawang Parma dari serbuan pemain-pemain AC Milan. 

Sejauh ini Buffon sudah merasakan sembilan gelar Scudetto. Semua itu ia dapat ketika memperkuat Juventus. Tapi dua gelar di antaranya terpaksa dibatalkan sebab Juventus terlibat pengaturan skor atau kasus Calciopoli pada 2006 lalu.

Di sisi lain, Totti memulai debutnya pada musim 1992/1993. Tapi prestasinya di Serie A tidak sebanding dengan Buffon. Sebab Totti hanya memiliki satu gelar Scudetto yang diraihnya pada musim 2000/2001.

Meski demikian, kesetiaan sang pemain lebih unggul dibanding Buffon. Pada 1989 ia diterima akademi Roma dan tetap bertahan di kubu I Lupi sampai saat ini.

Dua nama tersebut butuh tiga laga lagi untuk melewati catatan legenda Inter Milan, Javier Zanetti. Sepanjang kariernya membela I Nerazzurri, Zanetti sudah membukukan 615 penampilan di kancah Serie A.

Sejauh ini catatan terbanyak masih dipegang oleh Paolo Maldini. Eks kapten AC Milan tersebut telah mengikuti 647 laga di kompetisi tertinggi Italia.(exe/ist)


0 Komentar