Senin, 15 Mei 2017 00:17 WIB

Bupati Merauke Lepas Peserta Gowes Pesona Nusantara 2017

Reporter : RB Siregar Editor : RB Siregar
Ribuan warga antusias mengikuti Gowes Pesona Nusantara di Lapangan Mandala, Papua.(ist)

MERAUKE, Tigapilarnews.com  - Pelaksana tugas (Plt) Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga Faisal Abdullah mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi bersama Bupati Merauke Frederikus Gebze, melepas ribuan peserta Gowes Pesona Nusantara di Lapangan Mandala, Jalan Raya Mandala, Kelurahan Mandala Distrik Merauke, Kabupaten Merauke, Papua.

Peserta yang terdiri dari berbagi latar belakang mulai dari prajurit TNI dan Poliri, pelajar, kelompok pemuda dan lainnya antusias berbaur mengikuti pengibaran bendera di garis start tanda dimulainya program Gowes Pesona Nusantara (GNP) 2017 di titik terluar Indonesia Timur Kabupaten Merauke, Papua, Sabtu (13/5/2017).

Meski pagi itu diwarnai rintik hujan, namun hal itu tak menyurutkan semangat peserta untuk tetap mengayuhkan sepedanya nenyusuri dan memadati jalan-jalan di Merauke.

"Dengan mengucap puji Tuhan saya lepas Gowes Pesona Nusantara 2017 di Merauke," kata Bupati Merauke bersama Plt Deputi Pemberdayaan Pemuda di garis start.

Tak hanya melepas peserta GPN 2017 Faisal dan Bupati juga mengikuti mengayuh sepeda bersama bersama peserta lainnya.

                 Plt Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora Faisal Abdullah (kaos merah) bersama Bupati Merauke, Frederikus Gebze usai melepas peserta Gowes Pesona Nusantara 2017.(ian)

Garis finish berada di tempat yang sama dengan start. Bupati yang juga pernah menjadi atlet tinju itu tak segan merogoh koceknya untuk berbagi bersama masyarakat setempat setelah mengajukan berbagai pertanyaan seputar olahraga.

"Siapa atlet nasional yang kamu kenal," tanya Bupati. "Susi Susanti," jawab peserta. Tanpa segan Ia menyediakan uang  Rp500 ribu untuk setiap jawaban yang benar. "Jawabanya benar. Gopek , segera catat namanya," kata Bupati memerintahkan ajudannya.

Faisal Abdulah pada kesempatan yang sama menjelaskan program Gowes Nusantara dengan tagline  Ayo Olahraga' adalah program  diigagas Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui Deputi Pembudayaan Olahraga.

Selain Merauke,  program Gowes Nusantara juga dilakukan secara serentak dari kota/kabupaten di titik terluar Indonesia lainnya yakni Kabupaten Sabang provinsi Aceh, Kabupaten Atambua Nusa Tenggara Timur, dan Kabupaten Tarakan Kalimantan Utara.

“Gowes Nusantara ini adalah sebagai sarana bagi kita untuk membudayakan olahrga. Semoga dengan pelaksanaan ini masyarakat Meruake  lebih giat berolahraga,” kata Faisal.

Faisal juga menjelaskan pada saat melepas peserta gowes, ia juga melihat kegiatan ini juga diikuti oleh berbagai komunitas lainnya di antaranya komunitas sepatu roda, klub skete board dan komunitas lainnya.

“Bahkan ada juga komunitas ibu-ibu yang turut serta dan kemuidan memenuhi lapangan untuk melakukan senam masal disini. Jadi menurut saya program Ayo Olahraga cukup mengena ,” kata Faisal.

Abdul (35) salah seorang peserta dari kampung Spadem kelurahan Rimba Jaya District Meraeuke mengaku senang bisa bersepeda dan berolahraga bersama peserta lainnya. "Saya senang bisa ikut meramaikan acara ini. Disini jarang sekali acara semeriah ini. Apalagi ada door prize bikin saya makin semangat," kata Abdul yang mengaku berasal dari Sulawesi Selatan.

Peserta lainnya adalah Poli, PNS Dispora Kabupaten Mapi yg merupakan pemekaran dari Kabupaten Merauke juga turut memeriahkan GNP 2017 meseki harus membeli tiket pesawat Casa. Pria yang juga PNS Dispora Mapi itu ingin turut meramaikan GNP 2017 meski harus mengeluarkan kocek sendiri. "Keluarga saya dari Merauke. Tadinya saya mau ajak anak ikutan sepeda tapi Sabtu ini sekolah jadi sayang gak bisa ikut,” katanya.

Hadir pada pelepasan itu Teguh Rahardjo Asisten Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Kadispora Merauke Stanlislau Tokyo, Dandim, serta unsur Muspida lainnya.


0 Komentar