Minggu, 21 Mei 2017 16:51 WIB

Gowes Pesona Nusantara Jadi Ajang Promosi Wisata Tanjung Pinang

Reporter : Hendrik Simorangkir Editor : Danang Fajar
Gowes Pesona Nusantara jadi ajang promosi kota Tanjung Pinang (Hendrik)

TANJUNG PINANG, Tigapilarnews.com - Gowes Pesona Nusantara 2017 Kemenpora yang sudah bergulir di Kota Tanjung Pinang, berjalan dengan meriah serta penuh semangat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjung Pinang, Riono mengatakan, Gowes Pesona Nusantara 2017 merupakan cerminan usaha dalam mempererat menjaga keutuhan NKRI dan menjadi acara yang menyatukan para komunitas sepeda di kota ini. 

"Acara ini sangat bagus, selain menjaga keutuhan NKRI ksrena digelar dari Sabang hingga Merauke, sekaligus mempererat jalin silaturahmi masyarakat itu sendiri. Misalnya di Kota Tanjung Pinang, komunitas sepeda di sini sangat banyak, melalui acara ini lah mereka bisa menyatu. Sehingga, kami berharap kedepannya akan dibuat acara yang lebih besar lagi dari ini," ujar Riono kepada Tigapilarnews.com setelah menutup acara Gowes Pesona Nusantara 2017 di Gedung Gonggong, Kota Tanjung Pinang, Minggu (21/5/2017).

Selain itu, Riono menambahkan, Pemkot Tanjung Pinang sendiri tengah fokus menjadikan olahraga agar dapat bersinergi dengan pariwisata. 

"Bukan hanya sepeda saja yang menjadi fokus Pemkot Tanjung Pinang, melainkan semua olahraga yang akan kita fokuskan untuk dapat memacu pelancong berkunjung ke Kota Tanjung Pinang," katanya. 

Diwartakan sebelumnya, Staf Khusus Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora, Anggi memgatakan, Gowes Pesona Nusantara 2017 yang digelar di Kota Tanjung Pinang ini, selain untuk menyehatkan juga menyenangkan. Karena disini disuguhkan panorama yang indah. 

Ia menambahkan, animo masyarakat Kota Tanjung Pinang akan adanya acara ini pun disambut antusias warga, kurang lebih mencapai 1.000 orang yang menjadi peserta. 

"Kebetulan kotanya juga indah, jadi kalau menurut saya menggowes di pinggir pantai itu menyenangkan sekali. Mungkin itu juga alasan dari warga yang sangat antusias untuk mengikuti acara ini," ujar Anggi di setelah menerima tanah dan air yang diambil dari Bumi Tanjung Pinang, Minggu (21/5/2017). 

Bagi Anggi, suasana meriah dan simbol tanah dan air ini semakin menegaskan ampuhnya Gowes Pesona Nusantara sebagai pemberi semangat olahraga dari Sabang sampai Merauke dan juga sebagai pemersatu bangsa untuk menjaga keutuhan NKRI.

"Jadi harapannya diadakan program gowes ini supaya menjadi pemicu bagi daerah-daeeah lain untuk mengembalikan budaya olahraga yang hampir hilang di Indonesia. Kita menggelar acara ini juga untuk menumbuhkan tren baru dikalangan masyarakat dengan menekankan kesehatan, selain itu juga ramah lingkungan, dan membuat fun," jelas Anggi yang juga sebagai Ketua Wanita NU. 

Gowes Pesona Nusantara Tanjung Pinang menempuh rute sepanjang 10 km. Perlombaan dimulai dari Jembatan Masjid Raya Dompak dan diakhiri di Gedung Gonggong.

Sebagai informasi, Gowes Pesona Nusantara 2017 merupakan salah satu program unggulan gerakan #AyoOlahraga, yang sudah dimulai secara serentak di berbagai kota di Tanah Air.

Program ini dimulai dari titik nol kilometer Sabang, Tarakan, Atambua, Merauke, Kota Tanjung Pinang, dan Medan. Semua akan bermuara di Magelang, Jawa Tengah, saat perayaan puncak Haru Olahraga Nasional (Haornas) 9 September 2017.


0 Komentar