Minggu, 21 Mei 2017 14:01 WIB

Gowes Pesona Nusantara Timbulkan Semangat Berolahraga

Reporter : Hendrik Simorangkir Editor : Danang Fajar
Staf Khusus Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora, Anggi saat menghadiri Gowes Pesona Nusantara di Kota Tanjung Pinang (Hendrik)

TANJUNG PINANG, Tigapilarnews.com - Program Gowes Pesona Nusantara 2017 Kemenpora di Jembatan Masjid Raya Dompak menuju Gedung Gonggong, Kota Tanjung Pinang, berlangsung meriah. 

Acara yang dihadiri Staf Khusus Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora, Anggi, Sekda Kota Tanjung Pinang, Riono, Kadispora Kota Tanjung Pinang Gunawan Grounimo, dan Kapolres Kota Tanjung Pinang, AKBP Joko Bintoro, menempuh jarak 10 Km dengan melewati jalur wisata bahari. 

Anggi mengatakan, Gowes Pesona Nusantara 2017 yang digelar di Kota Tanjung Pinang ini, selain untuk menyehatkan juga menyenangkan. Karena disini disuguhkan panorama yang indah. 

Ia menambahkan, animo masyarakat Kota Tanjung Pinang akan adanya acara ini pun disambut antusias warga, kurang lebih mencapai 1.000 orang yang menjadi peserta. 

"Kebetulan kotanya juga indah, jadi kalau menurut saya menggowes di pinggir pantai itu menyenangkan sekali. Mungkin itu juga alasan dari warga yang sangat antusias untuk mengikuti acara ini," ujar Anggi di setelah menerima tanah dan air yang diambil dari Bumi Tanjung Pinang, Minggu (21/5/2017). 

Bagi Anggi, suasana meriah dan simbol tanah dan air ini semakin menegaskan ampuhnya Gowes Pesona Nusantara sebagai pemberi semangat olahraga dari Sabang sampai Merauke dan juga sebagai pemersatu bangsa untuk menjaga keutuhan NKRI.

"Jadi harapannya diadakan program gowes ini supaya menjadi pemicu bagi daerah-daeeah lain untuk mengembalikan budaya olahraga yang hampir hilang di Indonesia. Kita menggelar acara ini juga untuk menumbuhkan tren baru dikalangan masyarakat dengan menekankan kesehatan, selain itu juga ramah lingkungan, dan membuat fun," jelas Anggi yang juga sebagai Ketua Wanita NU. 

Anggi menuturkan, dirinya berterima kasih kepada Pemerintah Kota Tanjung Pinang yang telah menyambut tim Gowes Pesona Nusantara dan telah menjadi tuan rumah yang ramah ramah. 

"Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada Pemkot Tanjung Pinang yang telah menyambut kami (Tim Gowes Pesona Nusantara). Insya Allah jika tidak ada halangan, Gowes Pesona Nusantara menargetkan sampai tujuan akhir di Kota Magelang pada 9 September 2017, yang bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional," pungkasnya. 

Acara yang diikuti semua usia, baik anak-anak hingga dewasa ini, menghabiskan waktu kurang lebih satu jam menuju garis finis di Gedung Gonggong. 

Saat finis, para pegowes telah disambut oleh kepala adat Kota Tanjung Pinang. Peserta yang melewati garis finis diberikan beras kunis yang merupakan adat melayu, dengan bertujuan agar selamat dari berbagai musibah.

Tidak hanya itu, berbagai makanan ringan, pun telah menunggu pegowes, seperti bubur kacang ijo, ubi rebus, kacang rebus, nasi lemak.

Makanan ringan tersebut diberikan dengan tujuan mengembalikan stamina kembali setelah lelah menggowes. 

Acara tersebut bertambah meriah dengan adanya doorprize berupa sepeda motor, sepeda, dan sebagainya.


0 Komentar