Rabu, 20 September 2017 23:25 WIB

Pawai Obor Sambut Tahun Baru Islam, Minyak Tanah Sulit Dicari

Editor : Hendrik Simorangkir
Pawai obor sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 H di Balaraja, Kabupaten Tangerang. (Foto: Hendrik)

TANGERANG, Tigapilarnews.com - Siapa bilang bahan bakar minyak sudah tak lagi dibutuhkan masyarakat? 

Meski saat ini hampir semua rumah tangga sudah tidak menggunakan kompor minyak tanah untuk bahan bakar di dapur (lantaran telah memakai gas elpiji), minyak tanah ternyata masih dibutuhkan pada saat-saat tertentu. 

Seperti malam menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 H di Balaraja, Kabupaten Tangerang. 

Tapi sayangnya, tingginya kebutuhan karena untuk bahan bakar pawai obor, minyak tabah susah ditemukan. 

"Saya sudah keliling-keliling cari minyak tanah. Biasanya saya menemukan di Pasar Balaraja, tapi kok susah," keluh Anto, seorang warga Balaraja yang mengikuti pawai obor, Rabu (20/9/2017). 

Nasib baik masih berpihak kepada Anto. Ia mendapatkan bahan bakar cair ini dari sebuah toko kecil di ujung salah satu perumahan di Balaraja. "Akhirnya dapat juga sih, setelah keliling sana sini," katanya. 

SEMARAK SAMBUT TAHUN BARU ISLAM 1439 H

Pawai obor menghiasi nuansa malam di Balaraja, Kabupaten Tangerang. Hal itu dalam rangka memperingati 1 Muharam 1439 H atau biasa disebut Tahun Baru Islam berlangsung semarak.

Lewat pengeras suara, pawai dihelat ribuan warga diminta untuk mematikan semua cahaya yang digelar di lapangan Balaraja, bertujuan agar pawai obor tampak menonjol dalam kegelapan malam dengan berkeliling wilayah, sambil meneriakkan takbir. 

"Acaranya sudah menjadi tradisi tiap tahun menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram. Bawa obor itu maknanya pindah dari kegelapan menuju kehidupan yang terang," ujar Camat Balaraja, Mas Yoyon. 

Selain pawai obor, sebagian warga melakukan atraksi tarian Barak Karinding dan tarian api. Atraksi ini dilakukan untuk mengungkapkan makna perpindahan ke tahun yang baru agar semakin lebih baik lagi. 

"Tentunya, kita berharap dengan datangnya tahun baru ini, kehidupan kedepannya khususnya negeri ini lebih baik lagi," tutupnya.


0 Komentar