Rabu, 27 Januari 2016 13:45 WIB

Unpad Sediakan 250 Kursi Gratis Fakultas Kedokteran

Editor : RB Siregar
Laporan: Efendi


JAKARTA, Tigapilarnews.com--Mahasiswa yang ingin kuliah di fakultas kedokteran gratis bisa masuk Universitas Padjadjaran ( FK Unpad). Univdrsitas ini menyediakan  250 kursi bagi mereka yang ingin kuliah.  Syaratnya harus  lolos tes.

Hak ini ditegaskan Rektor Unpad, Tri Hanggono Achmad. Dikutip dari laman unpad.ac.id, Rabu (27/1) siang, FK Unpad akan menerima 250 calon mahasiswa dengan rincian 125 dari jalur SNMPTN dan 125 dari jalur SBMPTN. 

"Mahasiswa yang diterima melalui dua jalur itu akan digratiskan biaya kuliahnya melalui beasiswa yang dikeluarkan pemerintah daerah dari 27 Kota/Kabupaten di Jawa Barat, " kata Tri Hanggono Achmad.



Dekan Fakultas Kedokteran Unpad Dr. Yoni Fuadah Syukriani,  Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad, Dr. Arry Bainus, MA., serta Direktur Pendidikan Unpad, Prof. Dr. Budi Setiabudiawan, dr., Sp.A-K., M.Kes menambahkan,  biaya gratis ini mulai tahun 2016 . Kebijakan ini diambil antara lain untuk memenuhi kebutuhan tenaga dokter dan dokter spesialis di berbagai daerah, khususnya di Jawa Barat.

" Pada dasarnya daerah itu memerlukan tenaga dokter, kami siap memberikan biaya pendidikan secara gratis," tambah Tri Hanggono.

Namun, meski gratis, ada syarat yang ditetapkan Unpad kepada mahasiswa Pendidikan Dokter dan Dokter Spesialis, yaitu ada perjanjian antara calon mahasiswa dengan Unpad. Isi perjanjian, ketika lulus nanti para dokter yang kuliah gratis ini wajib mengabdi di wilayah/instansi yang ditentukan. Jika tidak, Rektor berkomitmen tidak akan mengeluarkan ijazahnya.

"Unpad ingin membangun sikap  mengabdi  kepada masyarakat. Jika tidak bersedia memenuhi perjanjian itu, jangan pilih kuliah di Kedokteran Unpad. Ada banyak perguruan tinggi lain yang juga menyediakan pendidikan kedokteran," tegas Tri Hanggono.(r)

0 Komentar