Jumat, 04 Maret 2016 16:44 WIB

KTT OKI Diharapkan Wujudkan Kemerdekaan Palestina

Editor : Hermawan
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Wakil Presiden (Wapres) RI, Jusuf Kalla, berharap kepada 56 Kepala Negara yang tergabung dalam Organisasi Kerjasama Islam (OKI), agar dapat mendukung dan mewujudkan kemerdekaan Palestina melalui Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) OKI yang akan diselenggarakan pada 6 hingga 7 Maret 2016 mendatang.

Wapres Jusuf Kalla menyatakan, faktor yang utama dalam memerdekakan Palestina yaitu dengan menyatukan dua organisasi internal di Palestina antara Hamas dan Fatah yang diketahui masih terlibat konflik internal.

"Yang paling penting itu bagi Indonesia adalah bagaimana Presiden bersatu dulu, antara Hamas dan Fatah, antara tepi barat dan Gaza. Kalau mereka pisah dan berkonflik, ya bagaimana bisa menyelesaikan masalah mereka sendiri," ungkap Wapres Jusuf Kalla kepada wartawan di Wisma Kalla, Makasar, Sulawesi Selatan, Jumat (04/03/2016).

Wapres Jusuf Kalla mendorong Kepala Negara yang tergabung dalam OKI agar dapat segera menyelesaikan sengketa batas negara antara Palestina dan Israel, untuk memastikan wilayah di kedua negara yang telah lama terlibat konflik.

"Ya ini OKI itu untuk membicarakan soal Palestina. Palestina itu agar semua OKI mendukung kemerdekaan Palestina, menyelesaikan konflik,", kata Wapres Jusuf Kalla.

Adapun Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI telah mendapat konfirmasi dari 53 negara yang akan hadir dalam KTT OKI pada 6 hingga 7 Maret 2016 mendatang. KTT Luar Biasa ini akan fokus membahas mengenai enam isu soal Palestina yang akan dibahas di forum ini yaitu isu perbatasan, pengungsi, status kota Jerusalem, pemukiman ilegal, kemanan dan air.

KTT Luar Biasa ini diharapkan akan menghasilkan deklarasi terkait langkah konkret yang akan dilakukan anggota OKI menyikapi isu Palestina, hal ini mengingat saat ini isu Palestina sudah mulai tidak menjadi perhatian dunia.(exe/rri)
0 Komentar