Kamis, 10 Maret 2016 12:33 WIB

Begini Cara Pelaku Campur Ketumbar dan Lada dengan Zat Kimia

Editor : Danang Fajar
Laporan : Arif Muhammad Riyan

JAKARTA, Tigapilarnews.com -- Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, berhasil mengungkap adanya gudang ketumbar dan lada yang menggunakan zat kimia membahayakan. Lalu bagaimana cara pelaku meracik lada dan ketumbar tersebut.

"Pelaku yang berinisial E, membersihkan ketumbar dan lada dengan cara mencampur zat kimia H2O2 (Hidrogen Peroksida) dan NaHCO3 (Sodium Bicarbonate)," ujar Kasubdit Indag Ditreskrimsus Polda Metro Jaya AKBP Agung Marlianto, Kamis (10/3/2016) siang.

Agung menambahkan, modus operandi yang digunakan pelaku dengan cara mencampur 8 ons zat kimia Sodium Bicarbonate, diaduk hingga merata kemudian dicampur 20 Kg zat kimia Hidrogen Peroksida dan diaduk hingga merata kembali selanjutnya didiamkan selama dua hari.

"Proses selanjutnya adalah lada yang didiamkan selama dua hari tersebut dikipasi sehingga kotoran dan debu dalam lada tersbut hilang, kemudian lada dikemas dalam karung ukuran 25 Kg dan siap diedarkan ke daerah JABODETABEK, Cierebon, Jawa Tengah, Banten dan Lampung," tegasnya.

Lebih lanjut, Agung mengatakan untuk pengolahan ketumbar, pelaku mencampur 250 Kg ketumbar dengan 20 kg zat kimia Hidrogen Peroksida.

"Cara pengolahannya hampir sama dengan lada, diaduk hinggga merata dan selanjutnya didiamkan lagi selama dua hari. Nanti itu di kipasi lagi biar kotoran dan debu di ketumbar itu hilang," pungkas Agung.
0 Komentar