Rabu, 23 Maret 2016 15:15 WIB

Gerhana Bulan Penumbra Sapa Indonesia Malam ini

Editor : Danang Fajar
Laporan : Evi Ariska

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Malam ini Indonesia akan mengalami Gerhana Bulan Penumbra. Gerhana ini dapat disaksikan dari seluruh Indonesia mulai pukul 16.36 WIB, puncak Gerhana akan terjadi pada pukul 18.47 WIB dan berakhir pada pukul 20.57 WIB.

Bambang Surya Putra, Kepala Bidang Pengendalian dan Informatika BPBD DKI Jakarta mengatakan Gerhana Bulan Penumbra akan terjadi ketika Bulan sebagai satelit alam yang mengelilingi Bumi melintas di wilayah bayangan gelap Bumi tepatnya di wilayah bayangan gelap kabur atau Penumbra. Saat peristiwa Gerhana Bulan Penumbra terjadi, Bulan seolah tidak mengalami Gerhana dan tetap bersinar seperti biasanya.

"Namun kalau diamati secara detail dengan teleskop maka akan tampak permukaan sedikit gelap, jika dipotret dan dibandingkan maka piringan Bulan akan sedikit lebih redup dari pada piringan Bulan saat Bulan Purnama," ujarnya, Rabu (23/3).

‎Dirinya menambahkan bahwa dampak yang ditimbulkan dari Gerhana Bulan Penumbra ini akan mempengaruhi gelombang laut yang meninggi dan mempengaruhi adanya tanah longsor pada tanah yang tidak stabil, namun dampak tersebut belum tentu terjadi.

"Menurut BMKG untuk wilayah tinggi gelombang perairan Jakarta diprediksi akan mengalami kenaikan namun tidak terlalu signifikan dengan ketinggian maksimal 0,7 m," katanya.
0 Komentar