Rabu, 30 Maret 2016 16:21 WIB

Prihatin Mental Polisi, IPW Minta Mabes Polri Segera Lakukan Penelitian

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Maraknya pembunuhan yang dilakukan oknum kepolisian menimbulkan keprihatian dari beberapa kalangan, salah satunya Indonesia Police Watch (IPW).

Ketua Presidium IPW, Neta S Pane, mengatakan prihatin terhadap oknum polisi yang melakukan kejahatan hingga membunuh orang terdekat, yang dilatarbelakangi motif tekanan tugas begitu berat. Sehingga, mental yang dimiliki belum siap.

"Sangat prihatin ya, tahun 2016 baru berjalan tiga bulan tapi sudah ada tiga kasus polisi yang bunuh orang dekatnya, bahkan bunuh istrinya," kata Neta saat ditemui di Gedung Kompolnas, Jalan Tirtayasa, Jakarta, Rabu (30/03/2016).

Selain membunuh orang terdekat, banyak pula oknum polisi yang bunuh diri, hal itu terlihat pada tahun 2016 saja sudah ada enam anggota polisi yang bunuh diri.

Menurut Neta, aksi bunuh diri yang dilakukan polisi kerap dilakukan jajaran polisi karena dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya persoalan asmara, ekonomi dan masalah pekerjaan karena kesal terhadap pimpinannya.

"Beberapa atasan sempat juga dibunuh oleh bawahnnya, ini masalah psikologis yang berat di kepolisian. Mabes Polri harus mencermati ini, segera melakukan penelitian kenapa jajaran Polri seperti ini," ujar Neta.

Beberapa hari lalu Bripka Triyono, anggota Pengamanan Obyek Vital Polresta Depok, Jawa Barat, membunuh istrinya, Ratnita Handriani (37), tindakan tersebut dilakukan Triyono bersama seorang temannya.(exe/ist)

 
0 Komentar