Selasa, 05 April 2016 15:34 WIB

Legislator Yakin Tabrakan Batik Air Akibat Human Error

Editor : Hendrik Simorangkir
JAKARTA, Tigapilarnews.com - Anggota Komisi V DPR, Miryam S Haryani meyakini peristiwa tabrakan pesawat Batik Air dengan pesawat Trans Nusa di landasan pacu (lanud) Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur (Jaktim), Senin (4/4/2016) malam, akibat kesalahan manusia atau human error.

"Kecelakaan pesawat yang terjadi di Halim Perdanakusuma kemarin harus ditelusuri dengan jelas penyebabnya, karena peristiwa ini saya yakin karena faktor human error," kata Miryam di Jakarta, Selasa (5/4/2016).

Meskipun peristiwa ini tidak ada korban jiwa, tegasnya, tetap penting diketahui penyebabnya. "Karena seharusnya peristiwa ini tidak terjadi apabila seluruh pihak yang bertugas menjalankan kewajibannya dengan baik," ujarnya.

Sejauh ini, politisi Partai Hanura ini berpandangan kecelakaan di Halim merupakan tragedi yang sangat disayangkan. Mengingat, peristiwa ini terjadi pada saat pesawat masih belum diterbangkan. "Artinya, ada instruksi yang salah, sehingga menyebabkan dua buah pesawat bersinggungan di landasan pacu," jelasnya.

Dia menambahkan, tentunya peristiwa ini akan menjadi catatan tersendiri dalam Panitia Kerja (Panja) keselamatan transportasi Komisi V DPR.
0 Komentar