Kamis, 07 April 2016 01:19 WIB

KNKT Ungkap Alasan Kru Batik Air Belum Diperiksa

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengaku belum bisa memeriksa kru pesawat Batik Air terkait tabrakan yang terjadi di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (04/04/2016) malam lalu. Karena, pemeriksaan itu baru bisa dilakukan setelah KNKT memeriksa black box (kotak hitam) Batik Air dan TransNusa.

"Untuk kru dari Batik Air, kami belum interview dan baru akan kami interview setelah data dari black box bisa kami ambil perdengarkan dan kami pelajari," kata Kepala KNKT, Soerjanto di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (06/04/2016).

Tak hanya kru Batik Air, petugas Air Traffic Control (ATC) nantinya juga akan di-interview oleh KNKT. Namun, tetap sama harus mempelajari secara detil kotak hitam itu agar pertanyaan yang diajukan lebih spesifik.

"Begitu juga dari tower ATC, kami pelajari baru kami interview. Dari kru pesawatnya juga, biar waktu interview pertanyaannya sudah lebih spesifik ke mana arahnya yang didapat dari data black box dan tower," tambahnya.

Soerjanto menjelaskan, black box dari kedua maskapai juga dalam keadaan bagus. Untuk black box TransNusa keadaan bagus cuma kosong. Hal itu lantaran saat kejadian pesawat dalam kondisi mati dan sedang di-towing menuju hanggar.

"Dari Batik Air, kami sudah sinkronkan antara data dan suara ngomong apa-ngomong apa. Pada saat posisi pesawat di mana. Nah ini kami lagi bikin analisanya posisi-posisi komunikasinya jam berapa dan posisinya di mana, sehingga di dalam investigasi jelas. Jadi kru Batik Air masih belum dimintai keterangan," tuturnya.(exe/ist)
0 Komentar