Jumat, 08 April 2016 21:29 WIB

Jokowi Harus Transparan Terhadap Pejabat Masuk Daftar Panama Papers

Editor : Hendrik Simorangkir
JAKARTA, Tigapilarnews - Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus transparan nama-nama pejabat yang masuk dalam daftar terbongkarnya dokumen Panama Papers.

Menurut Sekretaris Jenderal (Sekjen) FITRA, Yenny Sucipto, terdapat banyak nama dari Indonesia yang masuk di Panama Paper, rata-rata pengusaha dan politisi. Nama yang cukup bikin tercengang adalah tercatutnya nama Menteri BUMN Rini Soemarno.

Sebab ia merupakan Menteri BUMN yang notabene merupakan bagian dari pemerintahan saat ini. "Presiden harus transparan terhadap nama-nama yang masuk dalam daftar panama papers, dan menindak tegas secara hukum bagi yang terbukti mengemplang pajak dan melakukan money laundry," kata Yenny dalam keterangan tertulisnya, Jumat (8/4/2016).

Lebih lanjut dia mengungkapkan, Indonesia adalah negara yang memiliki wibawa sebagai pemerintahan dan entitas bangsa. "Dalam kaitannya dengan Panama Paper, jika memang ada ‘orang dalam’ Jokowi yang terlibat maka Presiden harus bertindak tegas. Seperti yang jamak diberitakan bahwa Menteri Rini Soemarno merupakan salah satu orang dari 2.961 yang namanya termuat di Panama Paper," ungkapnya.

Sebab itu, tegasnya, akan menjadi gentle man apabila Presiden bisa memberikan sikap dan ketegasannya untuk melakukan membersihkan Kabinet dari menteri-menteri yang tidak bersih.
0 Komentar