Sabtu, 23 April 2016 17:04 WIB

Ditengah Kemajuan Teknologi, Pemkot Tangerang Gelar Festival Tradisional

Editor : Rajaman
Laporan : Hendrik Simorangkir

TANGERANG, Tigapilarnews.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menggelar Festival Pencak Silat Perlombaan Tradisional dan Rekreasi yang diadakan di Lapangan Lembaga Pemasyarakat, Kota Tangerang.

Festival yang baru pertama kali digelar ini, diperuntukkan sebagai motivasi serta aktivitas berolahraga dikalangan pemuda-pemudi. Acara tersebut menampilkan berbagai atraksi seni tradisional seperti Pencak Silat, Seni Tari Sirih Kuning, Gambang Kromong, dan Pantun.

Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah mengatakan, ditengah era globalisasi yang disertai kemajuan teknologi seharusnya membuat semua kalangan (steakholder) menjadi lebih maju, bukan membuat masyarakat memiliki budaya ego sektoral.

"Festival yang digelar perdana ini sebagai awal untuk terus mengembangkan kegiatan yang dapat meningkatkan prestasi serta menumbuhkan interaksi sosial ditengah kemajuan teknologi," kata Arief disela-sela acara, Sabtu (23/4/2016).

Arief melanjutkan, dengan adanya event ini selain membangun silaturahmi dan interaksi sosial, juga untuk terus menumbuhkembangkan olahraga serta tradisional. Seperti bermain pantun.

"Kita jangan sampai tinggalkan seni tradisional walaupun ditengah kemajuan teknologi. Saya mau pantun boleh dong! Perempuan kota pakai kebaya, lakinya nggak lupa beli baju. Warga Tangerang rukun berbudaya. Rakyat sejahtera Kota Tangerang semakin maju," jelasnya sambil berpantun ketika ditanya wartawan.

Ia menambahkan, festival ini sebagai wadah untuk mengembangkan olahraga-olahraga rekreasi di Kota Tangerang dan menciptakan komunikasi yang lebih dinamis, tidak hanya sekedar menggunakan teknologi saja namun saling berinteraksi satu sama lain.

"Yang diharapkan akan semakin terbangunnya kebersamaan baik diantara masyarakat maupun dengan pemerintah daerah," tegasnya.

Festival ini diikuti oleh 48 perguruan silat tradisional yang berasal dari Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Depok, Bekasi dan Jakarta. Kemudian untuk perlombaan olahraga rekreasi atau tradisional diikuti oleh pelajar dari tingkat SD, SMP dan SMA/K se-Kota Tangerang.
0 Komentar