Kamis, 28 April 2016 11:31 WIB

Sosok Ali Sadikin di Mata Wagub DKI Djarot

Editor : Hermawan
Laporan: Evi Ariska

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Gaya kepemimpinan Ali Sadikin, gubernur DKI Jakarta periode 1966 - 1977 dikagumi oleh banyak orang. Satu di antaranya Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat.

Menurut Djarot, banyak hal dari Ali Sadikin yang patut menjadi contoh oleh pemimpin-pemimpin masa sekarang. Terutama dalam membangun DKI Jakarta.

"Pak Ali Sadikin layak dijadikan contoh untuk membangun DKI. Dia berani mengambil keputusan, dan berani bertanggung jawab dengan keputusannya itu.  Dia tidak segan-segan untuk meminta maaf kepada bawahan jika ada salah. Kemudian, dia perhatian ke anak buah, ini yang bisa dijadikan contoh juga," ungkap Djarot di Balaikota DKI Jakarta, Rabu (27/4/2016) malam.

Sikap kedisiplinan, tegas, dan berani yang diterapkan oleh Ali Sadikin, menjadi alasan Djarot mengagumi Bang Ali, panggilan akrab masyarakat Jakarta kala itu.

"Saya baca dari banyak buku diskusi dari beberapa tokoh, Pak Ali Sadikin ini disiplin, tegas, dan berani. Ali Sadikin itu kan ditunjuk langsung oleh Bung Karno, dan gaya kepemimpinan Ali Sadikin masih relevan ya (untuk masa sekarang), terutama terhadap gaya kepemimpinannya masih oke," ujar Djarot.

Sebagai informasi, Ali Sadikin ditunjuk oleh Presiden Soekarno menjadi Gubernur Jakarta pada tahun 1966. Dia juga pernah menjabat sebagai Menteri Perhubungan Laut Kabinet Kerja, Menteri Koordinator Kompartemen Maritim/Menteri Perhubungan Laut Kabinet Dwikora.

Di tangan Ali Sadikin, Jakarta mengalami banyak perubahan karena proyek-proyek pembangunan buah pikiran Bang Ali, seperti Taman Ismail Marzuki, Kebun Binatang Ragunan, Proyek Senen, Taman Impian Jaya Ancol, Taman Ria Monas, Taman Ria Remaja, kota satelit Pluit di Jakarta Utara, pelestarian budaya Betawi di kawasan Condet, dan sebagainya.

 
0 Komentar