Minggu, 01 Mei 2016 13:05 WIB

KSPI : 1 Juta Buruh di 28 Provinsi Demo di Kantor Pemerintahan

Editor : Rajaman
JAKARTA, Tigapilarnews.com - Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) memprediksi akan ada 1 juta buruh dari 28 provinsi yang akan melakukan aksi long march dan demonstrasi di gedung pemerintahan tiap provinsi dalam memperingati May Day.

"May Day 2016 direncanakan 32 provinsi tapi terkonfirmasi yang mengkuti hanya 28 provinsi di seluruh kabupaten/kota yang serempak laksanakan aksi May Day. Prediksi ada 1 juta buruh mengikuti perayaan ini di 28 provinsi," ujar Presiden KSPI Said Iqbal, di Bundaran Patung Kuda, Minggu (1/5/2016).

Untuk Jabodetabek, Said mengklaim akan ada 100 ribu buruh yang akan ikut aksi May Day. Aksi buruh di Jabodetabek akan dipusatkan di depan Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

"100 Ribu masa buruh se-Jabodetabek akan aksi di Istana. Setelah dari Istana sekitar pukul 13.00 WIB, massa akan bergerak ke GBK," ujarnya

Tahun ini, aksi buruh menuntut pemerintah mencabut PP No 78/2015 tentang pengupahan. Mereka juga meminta agar pemerintah menaikkan upah buruh sebesar Rp 650 ribu untuk tahun 2017.

Para buruh juga menyoroti isu-isu nasional. Tuntutan mereka adalah, tolak reklamasi, tolak penggusuran dan tolak RUU Tax Amnesty atau pengampunan pajak.

Sementara itu, situasi lalu lintas di Jalan Thamrin ke arah Istana Merdeka saat ini dipenuhi massa buruh. Mereka melakukan aksi long march dan membawa spanduk-spanduk berisi tuntutan mereka. Aksi ini tetap kondusif dan dikawal oleh ribuan polisi.
0 Komentar