Minggu, 01 Mei 2016 13:27 WIB

Buruh Dalam Kerangkeng Curi Perhatian Massa

Editor : Hendrik Simorangkir
Laporan : Muchammad Syahputra

JAKARTA, Tigapilarnews.comĀ - Aksi teaterikal digelar massa buruh yang tergabung dalam Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia Konfederasi (KASBI) pada peringatan May Day, Minggu (1/5/2016).

Aksi teaterikal tersebut sempat mengundang perhatian masyarakat sekitaran kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat. Pasalnya, para pelakon dalam aksi teatrikal itu membawa replika penjara yang dibuat dari besi. Dan di balik jeruji besi itu, tampak sejumlah buruh yang terperangkap.

Pelakon teatrikal itu juga berperan sebagai pengusaha lengkap dengan jas dan kopernya. "Itu maksudnya adalah betapa di Indonesia buruh masih terperangkap bak di dalam penjara. Sedangkan, kaum elite malah terlihat happy-happy dengan membawa koper penuh berisi uang. Padahal kita tahu, buruhlah yang bekerja mencari uang untuk mereka, tapi kenapa mereka kerap semena- mena terhadap kami," ujar salah komando aksi saat berorasi di Kawasan Bundaran HI , Jakarta Pusat, Minggu (1/5/2015).

Aksi teterikal itu memang sengaja digelar demi mengetuk hati para pemegang kekuasaan untuk mencermati dan peduli terhadap nasib buruh Indonesia. Pada kesempatan itu, massa buruh juga meneriakkan yel-yel.

Di antaranya, "Tanggal 1 Mei ini kemenangan kita", "Kaum yang bekerja di seluruh dunia tanggal 1 perayaan kita", dan "Kaum yang bekerja seluruh dunia".

Di lokasi aksi, Tigapilarnews.com memantau, massa buruh mulai bergerak menuju Istana Merdeka sambil terus menyuarakan tuntutannya.
0 Komentar