Kamis, 12 Mei 2016 12:46 WIB

1.714 Terpasang di DKI Terkoneksi Smart City

Editor : Hermawan
JAKARTA, Tigapilarnews.com – Sebanyak  1.714 closed circuit television (CCTV) sudah terpasang di sejumlah wilayah DKI Jakarta. CCTV ini juga telah terkoneki dengan program Jakarta Smart City. Pemprov DKI Jakarta menargetkan pemasangan 4.000 CCTV di seluruh wilayah DKI Jakarta.

Kepala UP Smart City, Setiaji menjelaskan beberapa CCTV yang sudah terkoneksi dengan Smart City ini terpasang, di antaranya di pintu air di Jakarta, jalan protokol, taman, halte Transjakarta, jembatan penyeberangan orang (JPO), dan rusun. Pemasangan CCTV ini hasil kerja sama dengan penyedia fiber optik.

"Semua sudah terkoneksi ke Smart City. Jadi bisa langsung dipantau. Nah, kayak Dinas Pehubungan dan Dinas Tata Air, mereka juga langsung kontrol secara mandiri," jelas Setiaji, Kamis (12/5/2016) siang.

Setiaji mengungkapkan target 4.000 CCTV ini dapat rampung terpasang pada Juni 2016. Sejauh ini dari CCTV yang bekerja sama dengan provider sebanyak 1.400. Sisanya, menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Dalam hal ini, DKI mendapat kompensasi telco provider untuk pemasangan micro cell.

Setiaji pun memastikan, CCTV yang sudah terpasang di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) sudah bisa dipantau masyarakat.

Setiaji berharap pengawasan melalui CCTV bertujuan menjadikan Jakarta sebagai city surveillance. Kedepan, pihaknya juga berencana memasang Wi-Fi pada setiap tiang CCTV.

"Saat ini masih konsen Wi-Fi di RPTRA. Kedepannya, setiap ada CCTV nanti kami harapkan Wi-Fi terpasang di jalan-jalan," imbuh Setiaji. (ist)

 
0 Komentar