Jumat, 17 Juni 2016 00:55 WIB

Inggris Naik ke Puncak Klasemen Grup B

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Inggris mengukir kemenangan pada laga kedua di babak penyisihan grup B Piala Eropa 2016.

Hasil positif tersebut mereka raih saat menghadapi Wales di Stade Bollaert-Delelis, Kamis (16/06/2016). Sejak awal laga, Inggris tampil dominan. Tapi skuat The Three Lions masih kesulitan mendobrak rapatnya lini belakang Wales. Meski sudah menurunkan pemain-pemain terbaiknya, Inggris tetap mandul di babak pertama.

Hal sebaliknya dirasakan Wales. Meski terus diserang, mereka justru unggul lewat tendangan bebas Gareth Bale menit 42. Bola yang dilepaskannya bersarang di pojok kiri gawang.

Demi mengubah keadaan, Roy Hodgson menarik keluar Harry Kane dan Raheem Sterling di awal babak kedua. Peran mereka digantikan oleh Jamie Vardy serta Daniel Sturridge.

Usaha Inggris akhirnya membuahkan hasil di menit 56. Dari sisi lapangan, Dany Rose mengirim umpan lambung yang mengarah ke dalam kotak penalti. Bola sempat disundul bek Wales, Ashley Williams.

Sayangnya, arahnya justru menuju ke gawang timnya sendiri. Di saat yang bersamaan, Vardy berdiri tanpa kawalan. Striker 29 tahun itu sukses mencetak gol dan mengubah keadaan jadi 1-1.

Untuk merayakan gol tersebut, Vardy berlari menuju rekan-rekannya di bangku cadangan. Sementara itu para pemain Wales melancarkan protesnya sebab menurut mereka Vardy sudah lebih dulu berada dalam posisi offside.

Ironisnya, aksi protes tersebut tidak ditanggapi oleh wasit. Gol Vardy tetap dinyatakan sah dan kedudukan kembali berjalan sama kuat. Di menit 58 Inggris kembali menggebrak lewat aksi Adam Lallana. Empat menit kemudian giliran Sturridge yang coba peruntungannya. Tapi sepakan keras dari keduanya masih terhalang tembok pertahanan Wales.

Pada menit 74, Hodgson menerapkan keputusan yang sangat berani. Ia menarik keluar Lallana dan menggantinya dengan Marcus Rashford. Dengan begini, Inggris bermain mengandalkan empat striker yakni Rashford, Vardy, Sturridge dan juga Wayne Rooney. Namun nama terakhir sengaja ditarik agak ke belakang untuk membantu pergerakan di sektor gelandang.

Untungnya strategi itu membuahkan hasil positif. Inggris lebih dominan dan mereka merasakan dampaknya di menit 90+2. Skor berubah jadi 2-1 usai Sturridge menjebol gawang Wales kawalan Wayne Hennessey.

Keadaan tersebut tidak berubah hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan. Dengan hasil ini, Inggris naik ke puncak klasemen grup B. Mereka memiliki empat poin, unggul satu angka dari Slovakia dan Wales serta tiga angka dari Rusia.(exe/ist)

Susunan pemain:
Inggris:
Hart; Walker, Cahill, Smalling, Rose; Dier, Alli, Rooney; Lallana (Rashford 74'), Kane (Vardy 46'), Sterling (Sturridge 46')

Wales: Hennessey; Gunter, Chester, A Williams, Taylor, Davies; Ledley (Edwards 67'), Ramsey, Allen; Robson-Kanu (J Williams 73'), Bale
0 Komentar