Jumat, 01 Juli 2016 22:33 WIB

Bale Yakin Belgia yang Bakal Terperosok

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Gareth Bale menyarankan agar Belgia jangan bermimpi melaju ke semifinal Piala Eropa 2016.

Gelandang serang Real Madrid itu menegaskan kalau Wales bukanlah batu loncatan. Walau mencatat hasil bagus selama beraksi di Perancis, Wales tetap dianggap under-dog saat nanti meladeni Belgia di Stade Pierre-Mauroy, Sabtu (02/07/2016). Pasalnya, perbedaan kualitas mereka cukup mencolok.

Wales sempat membuat kejutan lantaran menguasai Grup B dengan catatan dua menang dan  satu kalah, serta torehan enam gol. Tapi, itu tidak terlihat waktu menghadapi Irlandia Utara di 16 Besar. Tim besutan Chris Coleman tersebut hanya menang 1-0. Itu juga hasil gol bunuh diri.

Sedangkan prestasi Belgia lebih stabil. Setelah kalah 0-2 dari Italia pada laga pertama penyisihan Grup E, De Rode Duivels dapat menundukan musuhnya secara meyakinan. Ketika bentrok Hungaria di babak gugur, armada Marc Wilmots mampu melesakan empat gol tanpa balas.

Wales makin inferior karena tidak punya banyak pemain berkelas. Selain Bale, amunisi pasukan Naga yang cukup terkenal hanyalah Aaron Ramsey (Arsenal), Ben Davies (Tottenham Hotspur) dan Joe Allen (Liverpool).

Sementara mayoritas anggota Belgia sudah diakui kapasitasnya, sebut saja kiper Thibaut Courtois (Chelsea) dan Simon Mignolet (Liverpool), Radja Nainggolan (AS Roma), Marouane Fellaini (MU), Romelu Lukaku (Everton) dan Eden Hazard (Chelsea).

Meski demikian, Bale menilai Wales tidak bisa dianggap remeh. Dia dengan tegas menampik kalau timnya akan bakal jadi tumbal Belgia selanjutnya. Justru, dia yakin Kevin De Bruyne dan kawan-kawan yang bakal terperosok.

“Kami tidak perlu motivasi tambahan. Mereka tim yang sangat bagus. Kami paham itu. Misi mereka adalah merebut gelar. Mereka melihat setiap tim sebagai batu loncatan untuk ke final. Tapi, itu tidak akan terjadi pada kami,” ucap Bale, dilansir skysport.

Bale tidak peduli prediksi publik soal Wales. Dia meyakini apapun bisa terjadi dalam sepak bola. Sukses Islandia menyingkirkan Inggris merupakan salah satu buktinya. Karena itu dia merasa Wales juga punya peluang sama besar untuk melaju ke semifinal.

“Kami hanya perlu percaya pada kemampuan sendiri. Kami harus fokus pada taktik yang telah dirancang, dan melaksanakannya tanpa cacat. Kami pernah mengalahkan mereka. Kami, bisa melakukannya lagi,” tambah Bale.

Pernyataan Bale sejalan dengan pemikiran Wilmots. Dia meminta agar pasukannya tidak meremehkan lawan. Soalnya, Belgia sudah merasakan gigitan Wales. Selama tiga pertemuan terakhir, mereka belum pernah menang, yakni dua imbang dan satu kalah.

Wilmots mengingatkan armadanya kalau Wales punya Bale yang sejauh ini sudah mengemas tiga gol di Prancis. Bahkan, umpan silangnya yang membuat Gareth McAuley melakukan gol bunuh diri waktu mengalahkan Irlandia Utara 1-0.

Bale juga yang merobek jala Belgia ketika Wales menang 1-0 saat kualifikasi Piala Eropa 2016, 13 Juni 2016. “Kami tahu kekuatan Wales dengan baik. Mereka telah berevolusi dengan luar biasa, dan punya dua pemain hebat seperti Aaron Ramsey dan Gareth Bale. Harus diingat, kami juga pernah kalah dari mereka,” ungkap Wilmots.(exe/ist)

Perkiraan Pemain
Wales: 5-2-2-1

Hennessey; Gunter, Taylor, Davies, Chester, Williams; Allen, Ledley; Bale, Ramsey; Robson-Kanu.
Pelatih: Chris Coleman

Belgia: 4-2-3-1
Courtois; Meunier, Alderweireld, Denayer, Vertonghen; Witsel, Nainggolan; Mertens, De Bruyne, Hazard; Lukaku.
Pelatih: Marc Wilmots
0 Komentar