Senin, 04 Juli 2016 20:19 WIB

Tahun Ini Bandara Halim Dibanjiri Pemudik

Editor : Danang Fajar
Laporan: Muchammad Syahputra

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Penumpang pesawat di Bandara Halim Perdana Kusuma meningkat drastis hingga mencapai 60 persen ketimbang di tahun lalu.

Hal tersebut terlihat saat ribuan jumlah penumpang pesawat antre serta memadati pintu masuk Bandara Halim Perdana Kusuma.

General Manager Bandara Halim Perdanakusuma A. Rasyid mengatakan pihaknya sudah merekapitulasi data yang di peroleh poski terpadu terhitung dari tanggal 24 Juni lalu sampai 3 Juli kemarin, sejumlah keberangkatan pesawat mencapai 696 dan mengangkut penumpang sebanyak 89.072.

Dirinya menambahkan, pada periode yang sama jumlah kedatangan hingga mencapai 653 pesawat dengan jumlah penumpang hingga 68.386.

"Secara tidak langsung, saat ini ada kenaikan persentase dibandingkan sebelumnya pada tahun 2015 yang lalu. Kenaikan cukup signifikan hingga mencapai 60 persen dari Lebaran ke Lebaran," ujar Rasyid , Senin (4/7/2016) sore.

Di tempat yang sama, Direktur Utama Angkasa Pura II Budi Karya mengungkapkan adanya kenaikan jumlah penumang pesawat khususnya di Bandara Halim Perdana Kusuma saat mudik lebaran di tahun 2016 ini.

"Jumlah penumpang di (bandara) Soetta dan Halim ada kenaikan yang cukup besar, khususnya di Halim karena memang animo dari penumpang sangat banyak. Bandara besar di AP II cuma Soetta dan Halim, itu kira-kira 70 persen dari kapasitas. Jadi katakan lah apa yang terjadi hari ini ada kenaikan 20 sampai 25 persen," ungkapnya.

Dirinya menjelaskan kenaikan jumlah penumpang saat musim mudik lebaran tahun ini merata seluruh Indonesia di bandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Jumlah (penumpang) tersebut tersebar tidak hanya H-2 atau H-3 saja tapi juga sejak 28 Juni kemarin itu sudah terjadi kenaikan penumpang. Soetta yang biasanya macet, alhamdulillah tidak macet karena terjadi penyebaran yang merata dan kami juga sudah melakukan rekayasa lalu lintas sehingga tidak ada penyempitan dari dan ke Soetta," pungkasnya.
0 Komentar