Kamis, 07 Juli 2016 19:00 WIB

Masuk TMR Pake Kartu Jakcard, Pengunjung Bingung

Editor : Danang Fajar
Laporan: Gita Ginting

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Jika dibandingkan tahu lalu, ada yang berbeda kali ini di Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Jika sebelumnya untuk melihat binatang dengan mudah hanya menggunakan uang tunai, kali ini pengunjung harus menggunakan Jakcard. Namun, dengan berubahnya sistem pembayaran‎ tersebut ternyata membuat pengunjung kebingungan.

Seperti halnya Faisal (24), warga Pondok Labu, Cilandak yang datang bersama keluarga ini sempat kebingungan di area parkir kendaraan. Pasalnya, kata dia, sebelumnya yang masuk hanya mengambil karcis parkir kini harus sempat berhenti beberapa menit untuk penjelasan dan pembelian kartu Jakcard itu.

"Iya tadi di tempat parkir, biasa kita abis ngambil karcis nyelonong ini tadi dijelasin dulu masuknya pake kartu ini (Jakcard) untuk semua wahana termasuk parkir. Sempet bingung juga sih," ujarnya usai memarkirkan kendaraan roda duanya, Kamis (7/7/2016)

Meski terkesan membuat warga kebingungan, Pria darah Betawi ini mengatakan deng‎an menggunakan kartu tersebut lebih memudahkan para pengunjung untuk bertransaksi. Pasalnya yang biasa terjadi sebelumnya seorang pengunjung harus antre dengan menunggu uang kembalian jika pembayaran dilakukan dengan menggunakan uang tunai.

"Enak juga sih karna uang kita semua ada disini. Tadi kita beli 30 ribu isinya ada 20 ribu. Semua masuk wahana pake kartu ini. Katanya bisa buat bayar busway juga pake kartu ini. Ya kaya Atm ajalah," katanya. ‎

Sementara Kepala TMR, Dina Hinawati menjelaskan kartu Jakcard tersebut telah diberlakukan semenjak dua bulan lalu. Untuk memberitahukan masyarakat, pihaknya telah melakukan sosialisasi melalui berbagai macam cara, salah satunya dengan penyebaran berita melalui media massa.

"Kita sudah lakukan sosialisasi tapi kan pengunjung gak cuma di Jakarta saja. Mungkin mereka baru mereka disini kita informasikan kalau sekarang tidak menggunakan uang tunai," paparnya.

Selain itu, dia pun membenarkan kalau kartu tersebut tidak hanya dapat digunakan untuk masuk ke dalam TMR saja, melainkan untuk berbagai macam lainnya. Kelebihannya, kartu tersebut tidak ada masa tenggangnya.‎

‎"Di dalam kan ada wahana Children Zoo dan Primata. Itu bisa digunakan pakai kartu itu. Digunakan buat busway juga bisa. Enggak ada kadaluarsanya," tutupnya. ‎
0 Komentar