Senin, 11 Juli 2016 18:30 WIB

Pemkot Tangerang Terapkan Absensi Pegawai dengan E-Goverment

Editor : Rajaman
Laporan: Hendrik Simorangkir

TANGERANG, Tigapilarnews.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus galakkan pelayanan berbasis elektronik (e-goverment), dengan menerapkan sistem absensi elektronik kepada seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Kota Tangerang.

Dengan adanya sistem ini, ke depan secara perlahan absen sistem manual akan ditinggalkan, termasuk absen finger print.

Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan, ke depan Pemkot Tangerang menargetkan sudah terbangun sebuah sistem e- goverment sehingga Pemerintah Daerah (Pemda) bisa memantau pegawai yang hadir dan tidak hadir, izin dan sebagainya.

"Ini juga sesuai arahan Pak Menpan RB saat berkunjung ke sini beberapa waktu lalu, beliau menginginkan agar absen bisa terpantau secara online dan realtime. Nah ini datanya kan real time," ujar Arief di kantornya, Senin (11/7/2016).

Arief menambahkan, ke depan akan terus dilakukan sosialisasi sehingga semuanya akan beralih dari sistem manual kepada sistem e-absensi. Sistem ini akan diberlakukan secara menyeluruh bukan hanya kepada para PNS, akan tetapi termasuk pegawai non PNS. "Termasuk dengan tenaga harian lepas," katanya.

Dengan demikian, pemda bisa memantau bukan hanya pegawai tetapi juga petugas di lapangan.

"Jadi kita bisa melihat sejauhmana kedisiplinan pegawai Pemda Kota Tangerang dengan sistem e-government ini," jelas Arief.

Ia melanjutkan, menargetkan sistem e absensi ini sudah berjalan secara penuh dalam sebulan ini.
"Mudah-mudahan sudah terimplementasi dalam sebulan ini Insya Allah," papar dia.

Orang nomor satu di Kota Tangerang ini juga menekan, penerapan sistem ini merupakan jawaban atas tantangan dalam meningkatkan kualitas SDM pegawai di Kota Tangerang. Dengan sistem ini, kata Walikota sebetulnya tidak sulit, namun hanya harus membiasakan saja.

"Sebab ini sudah era globalisasi, mau tidak mau pegawai harus paham dan melek teknologi. Kita tinggal buka skptangerangkota.go.id login, nah mucul token tinggal dimasukkan saja," pungkasnya.
0 Komentar