Senin, 11 Juli 2016 21:45 WIB

Minggu Depan, KPU akan Bahas Pengganti Husni Kamil Manik

Editor : Rajaman
JAKARTA, Tigapilarnews.com - Setelah wafatnya Husni Kamil Manik. Enam komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan segera membahas untuk mencari siapa sosok Ketua KPU baru minggu depan.

Hal tersebut diungkapkan oleh salah satu komisioner KPU Hadar Nafis Gumay. Namun sebelum memilih Ketua KPU baru, para komisioner akan terlebih dahulu memilih Plt ketua, Selasa (12/7/2016) besok.

"Ada 2 hal yang kami sepakati. Pertama kami belum akan melakukan penggantian, pemilihan. Kami akan menunda dulu sampai kami rencanakan minggu depan," kata Hadar di kantornya, Senin (10/7/2016)

"Sementara ini kami memutuskan untuk menunjuk Plt. Siapa yang akan menjadi Plt dalam minggu ini atau sampai ada Ketua KPU yang definit akan dilakukan di pleno besok pagi," lanjutnya.

Hadar menjelaskan, penundaan pemilihan ketua baru karena banyak hal lain yang masih perlu dikerjakan oleh KPU. Selain itu, mereka tidak mau terburu-buru karena masih dalam suasana berduka.

"Saya kira juga lebih nyaman, kan kita masih dalam suasana berduka pada saat ini. Yang paling utama, tentu tidak ada hal yang memang harus ada pimpinan definit dalam waktu dekat," ujar Hadar.

Saat ditanya apakah dirinya siap bila dipilih menjadi Plt Ketua KPU, Hadar menjawab secara diplomatis. Menurutnya semua anggota komisioner KPU sudah terbiasa menjadi Plh saat ketua tidak ada di tempat lebih dari 24 jam. Sehingga bilah terpilih menjadi Plt, hal tersebut bukanlah sesuatu yang baru.

"Kalau Plt biasa saja, atau Plh ya. Karena menggantikan pak ketua itu sudah bergantian selama ini. Jadi saya kira tidak ada masalah, teman-teman yang lain juga bisa. Itu biasa dilakukan kemarin-kemarin bila pak ketua ada tugas meninggalkan kantor lebih dari 24 jam, kami menentukan Plh. Plh kan kurang lebih seperti Plt, yang ketuanya ada tapi tidak ada ditempat," tandas Hadar.
0 Komentar