Senin, 11 Juli 2016 22:29 WIB

Ronaldo Cetak Sejumlah Rekor di Piala Eropa 2016

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Cristiano Ronaldo tidak bisa merasakan final Piala Eropa 2016 secara penuh.

Tapi, itu ditebusnya dengan mengukir sejumlah catatan fenomenal selama berkarir di Benua Biru. Ronaldo mengalami dua hal yang sangat bertolak belakang saat meladeni Perancis di Stade de France.

Kapten Portugal itu menangis setelah diterpa cedera lutut kiri. Soalnya, CR7 tidak bisa melajutkan laga lantaran ditarik keluar pada menit ke-25.

Tapi, tangis kekecewaan Ronaldo berganti jadi air mata kebahagiaan. Pasalnya, Portugal mampu menang 1-0 lewat gol tunggal Eder saat perpanjangan waktu. Alhasil, A Selecao das Quinas merengkuh gelar perdananya di turnamen internasional. Ronaldo ikut membukukan sejumlah rekor.

Meski tampil 25 menit saat final, Ronaldo mampu menjaga statusnya sebagai pemain dengan caps terbanyak di Piala Eropa. Sebelum bertandang ke Perancis, dia sudah merumput 14 kali. Kini dia telah bertanding sebanyak 21 kali. Itu jauh melewati Bastian Schweinsteiger (Jerman) dan Gianluigi Buffon (Italia).

Ronaldo juga makin jauh meninggalkan kompatriotnya dalam melaksanakan tugas negara. Diusianya yang ke-31 tahun, gelandang serang Real Madrid itu telah 133 kali membela Portugal. Posisi kedua ditempati Luis Figo (127), dan diikuti Fernando Couto (110).

Kendati batal menjebol gawang Perancis dan urung merebut Sepatu Emas, Ronaldo masuk jajaran pemain tersubur di Piala Eropa. Selama berada di Negeri Mode, dia mengemas tiga gol. Itu berarti koleksi totalnya menjadi sembilan gol. Dia menyamai torehan legenda Michel Platini (Perancis).

Ronaldo menjadi pemain pertama yang sanggup mencetak gol selama empat kali mengikuti Piala Eropa. Dia mendulang dua gol di edisi 2004. Empat tahun berikutnya menyumbang satu gol. Kemudian pada 2012 meraup tiga gol, sama seperti kali ini.

Torehan itu juga membuat Ronaldo jadi satu-satunya pemain yang menghasilkan tiga gol di dua Piala Eropa. “Saya sudah memenangi banyak hal bersama klub. Saya hanya kurang sesuatu bersama timnas,” ungkap Ronaldo, dilansir skysport.(exe/ist)
0 Komentar