Selasa, 12 Juli 2016 14:00 WIB

Dukcapil Jaksel Data Warga Pendatang Baru

Editor : Danang Fajar
Laporan: Gita Ginting

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Pasca arus mudik Lebaran, Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Selatan akan melakukan pendataan pendatang baru bagi warga yang masuk ke Jakarta Selatan.

Meski belum dapat memastikan jumlah pendatang baru, namun pendataan ini akan dilakukan pada 16 Juli 2016 sampai dengan 29 Juli 2016 melalui petugas Dukcapil di setiap Kelurahan. Di mana nantinya para warga tersebut akan mengisi formulir biodata pendatang baru yang dilaksanakan di tingkat RT Kelurahan masing-masing.

"Kita sudah menyiapkan formulir biodata. Nanti pendistribusian formulir akan dilakukan pada 14 Juli 2016, setelah rapat kordinasi sekaligus rapat teknisnya di Sudin Dukcapil Jakarta Selatan. Kemudian ditindaklanjuti dengan pendataan atau pengisian formulir. Petugas sebagai penanggung jawab. Sepenuhnya akan dibantu RT," ujar Kepala Sudin Dukcapil Jakarta Selatan, Sapto Wibowo saat dihubungi, Selasa (12/7/2016) siang.

Setelah pendataan, tambah Sapto, pihaknya akan melakukan kegiatan pembinaan penduduk (Biduk) di sembilan kecamatan yang menjadi titik lokasi pendatang baru kecuali Kecamatan Pesanggrahan. Hal itu lantaran kecamatan tersebut telah melakukan pendataan pada bulan Mei lalu.

Sementara itu, kecamatan yang akan menjadi prioritas untuk dilaksanakan Biduk oleh Dukcapil antaranya Kecamatan Kebayoran Lama, Pasar Minggu, dan Mampang Prapatan. Pasalnya, wilayah tersebut memiliki lapangan pekerjaan seperti di Kebayoran Lama Kelurahan Cipulir terdapat banyak usaha konveksi serta kawasan perdagangan. Dan Pasar Minggu di Kelurahan Pejaten Timur merupakan kawasan Perdagangan.

"Kecamatan Pesanggrahan sudah dilaksanakan, tapi jika memang hasil pendataan jumlah secara signifikan tinggi, ya kita akan lakukan giat biduk. Harapan kami mereka pendatang baru menjadi pendatang yang patuh terhadap peraturan dan tinggal di daerah yang sudah tertata ini," tutup Sapto.
0 Komentar