Selasa, 09 Agustus 2016 07:40 WIB

Terminal 3 Soekarno-Hatta Diharapkan Tampung 25 Juta Penumpang per Tahun

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten resmi beroperasi mulai pukul 00.01, Selasa (09/08/2016).

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dalam peninjauan ke Terminal 3 Soetta, Tangerang, Selasa dinihari memeriksa seluruh fasilitas pendukung, mulai dari pemeriksaan sinar x, check in counter, ruang tunggu, area komersial, dan lainnya.

Dia mengatakan Terminal 3 Soetta diharapkan memberikan pelayanan lebih baik kepada penumpang, baik domestik maupun internasional.

"Kita harapkan terminal ini bisa menambah kapasitas terminal yang ada, 1 dan 2 karena Terminal 3 Soekarno-Hatta ini bisa menampung 25 juta penumpang per tahun," katanya.

Saat ini, kata dia, yang beroperasi di Terminal 3 baru penerbangan domestik Maskapai Garuda Indonesia.
Selanjutnya, dia menambahkan, pemindahan penerbangan internasional akan bertahap, yakni seluruhnya bisa beroperasi Maret 2017.

"Garuda internasional diupayakan pindah November, selanjutnya maskapai yang tergabung aliansi SkyTeam, bulan berikutnya, sehingga semuanya siap Maret 2017," katanya.

Selain itu, Budi mengatakan, pada 2017 juga akan dirampungkan moda perpindahan penumpang (people mover) antarterminal serta kereta bandara Manggarai-Soetta. Pengoperasian Terminal 3 Bandara Soetta ditandai dengan penerbangan Garuda Indonesia rute Jakarta-Jayapura pada Selasa (09/08) pukul 01.20 WIB.

Berdasarkan pantauan, meskipun belum seluruh fasilitas terbangun, tetapi Terminal 3 telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti toilet, musholla, area komersial mulai dari restoran hingga toko buku kendatipun masih bersifat sementara. Selain itu, penumpang sudah terlihat hilir mudik di Terminal 3 sejak Selasa (09/08/2016) dinihari, menuju gate masing-masing.

Pengoperasian terminal baru tersebut sejalan dengan surat Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Nomor AU.508/1/1/DRJU. DBU-2016, tanggal 2 Agustus 2016, Pengoperasian Terminal 3.

Dalam surat tersebut dinyatakan bahwa setelah melalui proses verifikasi administrasi dan teknis serta evaluasi simulasi operasi pelayanan dan kesisteman, maka Terminal 3 dinyatakan dapat dioperasikan.(exe/ist)
0 Komentar