Rabu, 17 Agustus 2016 13:20 WIB

Kemendag Akan Hapus Rastra Awal 2017

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyatakan akan menghapus beras untuk keluarga miskin (Raskin) atau yang saat ini disebut beras sejahtera (Rastra) awal 2017.


Pemerintah akan menggantinya dalam bentuk voucher pangan. Mendag, Enggartiasto Lukita, menjelaskan pihaknya masih terus menyempurnakan kebijakan baru itu. Sehingga belum dapat memastikan lokasi pembagian voucher dan nilainya.

"Efektif awal 2017. Dimananya nanti kami jelaskan supaya persiapan semuanya matang, sekarang angka voucher belum, kami matangkan dulu. Kami kaji supaya kalau jalan tidak tergagap-gagap," ujarnya di Jakarta, Selasa (16/08/2016).

Enggar juga belum mau merincikan syarat masyarakat yang bisa menikmati voucher pangan tersebut. Namun dipastikan kualitas beras lebih baik dari Raskin.

"Syarat yang dapat? Nanti kami lihat setelah kajian lengkap khusus mengenai voucher pangan supaya tidak sepotong sepotong. Kualitas beras lebih bagus," katanya.

Menurut Enggar, adanya kebijakan baru ini dapat menjaga ketersediaan stok beras. Selain itu harga juga lebih terjangkau karena mata rantai distribusi terpangkas.

"Kami jaga ketersediaan stok, nanti salah satu dengan voucher. Stok terjaga, harga terjaga, kami potong mata rantai dengan itu harga lebih terpotong juga tapi dengan tidak mengorbankan petani," pungkasnya.(exe/ist)

0 Komentar