Rabu, 17 Agustus 2016 16:48 WIB

Ternyata Ada Republik di Jakarta Timur

Editor : Yusuf Ibrahim
Laporan Muchammad Syahputra

JAKARTA,Tigapilarnews.com- Sebanyak 71 warga Balekambang beserta komunitas yang ada di Condet, mengikuti upacara bendera di Istana Rakyat Condet, Jakarta Timur, Rabu (17/08/2016).

Para peserta upacara terlihat mengenakan kostum unik. Seperti kostum kepresidenan, TNI, polisi serta beberapa baju adat Betawi. Salah satu tokoh masyarakat, Sudarmanto Leles, mengatakan dalam kesempatan kali ini pihaknya mengadakan upacara bendera dalam rangka merayakan HUT RI ke-71.

"Sekaligus, sebagai ajang kumpul para komunitas yang ada di Condet dan bertujuan untuk memberitahukan bahwa kebudayaan menjadi salah satu peninggalan yang harus dijaga dan terus dilestarikan," ujarnya, di Istana Rakyat Condet, Jakarta Timur, Rabu (17/08/2016).

Ditambahkannya, dalam perayaan ini sebanyak 12 RT dan Pemuda Karang Taruna juga turut ikut serta untuk membangkitkan rasa nasionalisme antarsesama."Warga yang ikut dalam acara perayaan ini ada sebanyak 71 orang. Alasannya karena negara Indonesia berulang tahun yang ke-71 tahun dan ini untuk membangkitkan rasa nasionalisme," tambahnya.

Dirinya berharap, pemerintah dapat melihat para warga yang tinggal di Condet agar dapat didukung untuk maju bersama. "Condet seperti terpinggirkan oleh pemerintah, dan Kali Ciliwung diharapkan bisa untuk dijadikan sarana outbound yang dapat menjadikan daya tarik sendiri terhadap kampung Condet," jelasnya.

Sementara itu, Lurah Balekambang, Mintarsih, mengungkapkan sangat mengapresiasi acara yang diadakan oleh para warga beserta komunitas yang ada di Balekambang, Condet Jakarta Timur. "Ini kan seperti miniatur budaya yang harus dijaga dan terus dilestarikan, karena ini unik sekali," katanya.

Dirinya berharap, dengan ulang tahun yang ke-71 Republik Indonesia ini agar negara ini bisa lebih maju lagi dari segi pembangunan serta kepedulian terhadap masyarakat. "Harus lebih baik lagi lah pokoknya. Pemerintah harus bisa melihat para warga yang ada di sini,"pungakasnya.

Setelah usai melakukan upacara, para warga Balaikambang melakukan pemotongan tumpeng sebagai tanda hari jadi Kemerdekaan Indonesia yang ke-71 dengan tema "Kerja Nyata".(exe/ist)
0 Komentar