Rabu, 24 Agustus 2016 14:21 WIB

Selundupkan Ganja di Kotak Mainan, Tiga Pria Ditangkap

Editor : Danang Fajar
Laporan: Muchammad Syahputra

JAKARTA,Tigapilarnews.comĀ - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean A (KPPBC TMP A) berhasil mengamankan narkotika jenis marijuana (Ganja) sebanyak 258 gram dari Amerika Serikat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (18/8/201/) yang lalu.

Ketiga pelaku yang diamankan petugas diketahui berinisial AMM (31), JAY (20) dan FS (16), menyelundupkan narkoba jenis marijuana (Ganja) dengan cara memasukannya kedalam kotak permainan Lego.

Kepala KPPBC TMP A Jakarta, Chairul Saleh mengatakan petugas yang ada dilapangan berhasil mengungkap penyelundupan tersebut didasari dari kecurigaan terhadap sebuah paket kotak permainan Lego.

"Saat paket melewati pemeriksaan x-ray dilakukan analisa ada bentuk yang bukan seperti LEGO sehingga kemudian kita melakukan pemeriksaan fisik," ujarnya di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (24/8/2016) siang.

Dirinya menambahkan saat melakukan pemeriksaan secara langsung, petugas melihat identitas yang tertera di paket tersebut dan langsung memanggilnya kekantor.

Setelah barang dilakukan pemeriksaan saat dibuka, ternyata ditemukan ganja, disimpan di dalam kotak LEGO."Dari pemeriksaan ditemukan delapan kemasan plastik berisi daun-daunan yang disembunyikan didasar kotak dan lima kemasan plastik berisi daun-daunan yang disisipkan di antara mainan anak 'LEGO' lainnya," tambahnya.

Dirinya menjelaskan barang bukti yang diamankan petugas langsung dibawa ke Laboratorium untuk di lakukan pengujian serta di identifikasi. "Berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium, diketahui daun-daunan tersebut positif merupakan bagian tanaman genus cannabis yang dikeringkan," jelasnya.

Dari hasil barang bukti yang diamankan, petugas melakukan pengembangan dan berhasil menangkap satu orang berinisial FS yang masih status pelajar.

"Dari hasil pemeriksaan, diketahui FS memesan barang kepada AMN dan JAY melalui dunia maya atau situs jual beli online. Rencananya ganja tersebut akan pakai serta diedarkan lagi di Jakarta. Bisa saja si pelaku menjual kepada teman-temannya atau orang lain," pungkasnya.

Untuk menindak lanjuti hal tersebut, KPPBC TMP A Jakarta melimpahkan kasus pengungkapan ini ke pihak Badan Narkotika Nasional (BNN)." Dengan digagalkannya upaya penyelundupan 258 gram mariyuana, KPPBC TMP A Jakarta berhasil menyelamatkan sekitar 1.290 jiwa generasi muda dengan perhitungan 1 gram ganja dikonsumsi oleh 5 orang," tutupnya.
0 Komentar