Rabu, 24 Agustus 2016 22:24 WIB

TNI AD Kembangkan Temuan Ban Bekas Jadi Cat Anti-Radar

Editor : Yusuf Ibrahim

Laporan Rizky Adytia


JAKARTA, Tigapilarnews.com- Dalam rapat koordinasi teknis (Rakornis), TNI AD mengenalkan temuan Kolonel Punto yang bertugas di Korem 044 Palembang, Sumatera Selatan.


Ia berhasil menyulap ban bekas menjadi bahan cat antiradar dengan teknik khusus. Meski masih dalam tahap uji coba, temuan tersebut akan terus dikembangkan.


"Idenya dari komandan Korem, Kolonel Punto. Dari ban bekas, lalu dibuang kawat-kawatnya dan kita proses," kata Letkol Wahyu, Kasie Ops Korem 044 Palembang, saat menjelaskan penemuan tersebut di Balai Samudera, Jakarta Utara, Rabu (24/08/2016).


Letkol Wahyu menambahkan, karena dari ban bekas, serbuk cat antiradar itu berwarna hitam. Ia optimis, jika sebuah bangunan atau kapal dioles atau dilapisi cat tersebut, maka radar musuh tidak akan bisa mendeteksi.


"Bangunan kita cat pakai (serbuk) itu tidak terdeteksi. Kapal juga," tambahnya.


Letkol Wahyu mengaku sudah menguji temuan cat antiradar tersebut pada sebuah bangunan. Saat bangunan tersebut dicoba dideteksi dengan sinyal sonar, reaksinya justru menolak sinyal. "Ini menolak sinyal. Baru kita uji pakai sinyal kita, pakai radar sonar," tutupnya.(exe)


0 Komentar