Sabtu, 27 Agustus 2016 08:23 WIB

Menpar Arif Targetkan Sejuta Wisman dari Angklung

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya, menargetkan sejuta wisatawan manacengara (wisman) datang ke Indonesia, khususnya dari Jepang.

Ajakan itu dilakukan melalui permainan angklung yang memukau pada gelaran Indonesia Week Osaka 2016  di Umeda Sky Building, Osaka, Jepang, Kamis (25/08/2016).

"Kami berharap kemolekan irama dan harmoni dari 1.000 angklung, Wonderful Indonesia dapat menggelitik rasa ingin tahu masyarakat Jepang untuk datang ke Indonesia," kata Arief.

Pesona alam Indonesia yang terbentang luas dari Sabang hingga Merauke merupakan magnet tersendiri bagi setiap orang yang berkunjung ke Indonesia, terlebih Indonesia juga punya keberagamaan budaya dan adat tradisional. "Ini merupakan harta karun kita yang tidak ternilai dengan materi," ujarnya.

Untuk itu, Arief melanjutkan, pihaknya gencar melakukan koordinasi dengan kementerian lain, meningkatkan fasilitas ke tempat wisata yang ada di Indonesia, seperti perbaikan akses jalan hingga kondisi tempat wisata yang kumuh.

Data dari Badan Pusat Statistik mencatat, kunjungan wisatawan Jepang ke Indonesia pada 2014 mencapai 491.574 orang dan pada 2015 naik menjadi 525.419 orang. Pada tahun selanjutnya, jumlah tersebut diharapkan dapat meningkat hingga 1 juta orang. "Saya yakin target itu dapat tercapai," tuturnya.

Indonesia Week Osaka 2016 berlangsung selama empat hari, yakni 25-28 Agustus 2016. Selain mengalunkan 1.000 angklung, kegiatan ini juga diramaikan oleh stan pameran UKM binaan BUMN , antara lain PT Angkasa Pura II (Persero), PT BNI Tbk, Perum Jamkrindo, Perum Askrindo, PT Pertamina, PT PNM, serta Pemda Manokwari Selatan.

CEO BU Track, SH Sutar mengatakan kegiatan dimeriahkan sejumlah pagelaran budaya lokal Indonesia, seperti tari-tarian dan lagu daerah, serta perlombaan khas 17 Agustus.

Ke depan, gelaran Indonesia Week akan dijadikan agenda tahunan yang dilaksanakan di berbagai negara. Pada 2017, Indonesia Week dijadwalkan akan dihelat di London, Inggris.(exe/ist)
0 Komentar