Senin, 19 September 2016 08:30 WIB

Banyak Dikonsumsi Anak Muda, Pil Charnoven Perusak Tubuh Paling Berbahaya

Editor : RB Siregar
BANJARMASIN, Tigapilarnews.com - Pil Charnoven yang saat ini banyak dikonsumsi anak muda maupun orang dewasa, ternyata memiliki kandungan zat berbahaya. Di antaranya kerusakan otak, jantung dan hati.

Hal itu diungkapkan Kasat Narkoba Polresta Banjarmasin, Kompol Feri R Sitorus,SIK, MH kepada wartawan, Senin (19/9/2016).

Dalam pil produksi Zenith itu, mengandung karisoprodol 200 mg, parasetamol 160 mg, cafein 32 mg setara delapan kali pil Deksamethason daya rusaknya.

Jika mengkonsumsi 30 pil Zenith sekali minum, itu berarti setara dengan mengkonsumsi pil Dexamethason sebanyak 240 pil. Maka jangan heran bila memakai pil ini secara berlebihan, biasanya pasien langsung terganggu saraf pusatnya.

Ditambahkan Kompol Feri, banyak masyarakat belum mengetahui bahaya mengkonsumsi Charnoven tersebut. Di antaranya kerusakan ginjal akibat penumpukan kristal obat yang tidak terabsorsi dalam jumlah banyak.

Otak dan hati juga ikut rusak bila over mengkonsumsi pil tersebut. Pernapasan menjadi terganggu serta kerusakan jantung yang menyebabkan kematian.

Mengapa anak muda dan orang dewa memakai pil tersebut? Kompol Feri menjelaskan, pemakaian pil Charnoven yang berlebihan akan menimpulkan fly (rasa melayang), berhalusinasi dan hilang kesadaran, rasa kebal di sekujur tubuh atau mati rasa.(i)
0 Komentar